Cara Menyimpan Email Anda Ke Hard Drive Lokal

Cara Menyimpan Email Anda Ke Hard Drive Lokal

Cara Menyimpan Email Anda Ke Hard Drive Lokal.

 Cara Menyimpan Email Anda Ke Hard Drive Lokal



Ada beberapa alasan Anda mungkin ingin menyimpan email ke hard drive Anda, termasuk pemulihan setelah kehilangan data secara tiba-tiba. Mencadangkan email Anda ke hard drive eksternal akan memastikan Anda selalu memiliki akses ke email tersebut, bahkan jika akun Anda diserang oleh peretas.


Pada artikel ini, kita akan membahas cara mencadangkan email dari klien email teratas untuk Windows, Mac, dan Linux.

Daftar isi


Apa itu Klien Email?


Klien email adalah program yang memungkinkan pengguna untuk membuat, menerima, mengirim, mengakses, dan mengelola email dari beberapa akun di satu tempat.


Pengguna biasanya membuat folder dan label untuk mengatur email sehingga dapat dicari berdasarkan detail seperti waktu, subjek, pengirim, dan konten.


Cara Menyimpan Email Thunderbird Anda Ke Hard Drive Eksternal


Email Thunderbird adalah aplikasi gratis yang mudah diatur dan mudah disesuaikan untuk Windows, Mac, dan Linux.


Itu menyimpan semua preferensi, pesan, folder, dan informasi Anda lainnya dalam file terpisah dari file program Thunderbird. File ini disebut direktori profil Anda. Anda perlu menggunakannya untuk membuat cadangan email Anda.


Temukan Profil Lengkap Mozilla Thunderbird Anda


Pastikan Thunderbird tidak berjalan dan buka direktori profil. Di mana menemukannya tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan. Di bawah ini kami akan menunjukkan cara menemukan profil Anda di Windows, Mac, dan Linux.


Menggunakan Windows

  * Ketik Jalankan di menu mulai.


  * Ketik %appdata% dan klik OK.

* Buka folder Thunderbird, lalu buka folder Profiles


Temukan Profil Thunderbird Di Mac

  * Buka Pencari.


  * Tekan Command + Shift + G untuk membuka jendela yang menanyakan nama folder.


  * Ketik ~/Library/Thunderbird/Profiles/ dan klik Go.

  * Buka folder Thunderbird dan klik Profil.


Menggunakan Linux


  * Buka pengelola file dan ubah pengaturan tampilan untuk menampilkan file tersembunyi.


  * Buka folder bernama .thunderbird.


  * Folder profil Thunderbird Anda akan memiliki nama seperti xyxyx.default di mana xyxyx adalah kumpulan karakter acak. Pada tangkapan layar di bawah, folder profil adalah 5euiyvw.default.


Salin, Simpan, Atau Cadangkan Profil Thunderbird Anda


Sorot semua file dan folder di profil Thunderbird Anda. Sekarang Anda dapat menyalin data email ke hard drive eksternal untuk membuat cadangan. Sebaiknya, terutama untuk profil email yang sangat besar, untuk mengompres folder dan file ke file zip. File zip dikompresi dan memakan lebih sedikit ruang.

  * Untuk mengompresi file dan folder di Windows, pilih semua dan klik folder Send to Compressed (zip).


  * Di Mac, untuk mengompresi file, sorot file dan folder yang ingin Anda kompres, klik kanan salah satunya dan pilih Kompres # item.


  * File zip yang baru dibuat akan disebut Archive.zip.

  * Untuk mengompres file di Linux, ketik tar -zcf MozillaProfiles.tar.gz di jendela Terminal dan tekan Enter. Nama file terkompresi Anda adalah MozillaProfiles.tar.gz.


Simpan Ke Hard Drive

Sorot semua folder, file, atau file zip yang Anda buat dan salin file tersebut. Arahkan ke hard drive eksternal tempat Anda ingin menyimpan email dan tempelkan.


Cara Menyimpan Email Gmail Anda Ke Hard Drive


  * Mulailah dengan masuk ke Akun Google Anda dan mengunjungi Google Takeout.


  * Klik Batalkan pilihan semua untuk menghapus centang semua produk Google.


  * Gulir ke bawah hingga Anda menemukan Mail dan pilih.


  * Jika Anda tidak ingin mencadangkan semua email Anda, klik menu tarik-turun di sebelah Semua data email yang disertakan dan pilih jenis email yang ingin Anda simpan.


  * Gulir ke bagian bawah halaman dan klik Langkah berikutnya. Google memberi Anda opsi untuk mencadangkan data Anda langsung ke Google Drive, Dropbox, OneDrive, atau Box. Namun, karena kami ingin menyimpan email kami ke hard drive eksternal, pilih Kirim tautan unduhan melalui email.


  * Pilih antara Arsip satu kali atau Ekspor terjadwal. Pilih jenis dan ukuran File, lalu klik Buat arsip.


  * Tergantung pada ukuran akun email Anda, mungkin diperlukan waktu berjam-jam sebelum file Anda siap. Anda akan menerima email setelah selesai.


  * Saat Anda menerima file zip dari Google, file tersebut akan dalam format file .MBOX. Anda kemudian dapat menyimpan file ke hard drive eksternal Anda.


Untuk mempelajari lebih lanjut tentang file .MBOX, tonton Apa yang Harus Dilakukan dengan File .MBOX yang Diekspor.


Simpan Email Outlook Anda ke Hard Drive Eksternal


Microsoft Outlook (MSO) adalah klien email yang sangat populer. Ini bekerja dengan mulus di sistem operasi Windows dan Mac, meskipun dapat memengaruhi penggunaan memori. Jika Anda menjalankan Linux dan tidak tahu cara menjalankan Outlook, tonton Microsoft Office 365 di Linux.


Cadangkan dan Ekspor OST/PST dari Aplikasi Email Outlook


  * Buka MSO dan klik File > Buka & Ekspor > Impor/Ekspor > Berikutnya

  * Dari wizard ini, klik Ekspor ke File > Berikutnya


  * Pilih File Data Outlook (.pst) dan klik Berikutnya.


  * Pilih Kotak Masuk sebagai folder yang akan diekspor. Jika Anda ingin mengekspor folder lain, perluas kotak masuk dan pilih yang ingin Anda cadangkan.

  * Beri tanda centang di sebelah Sertakan subfolder jika Anda ingin menyertakannya.


Untuk mencadangkan Outlook ke hard drive eksternal, sambungkan ke komputer Anda sekarang. Jika muncul kotak dialog, klik Batal.


Pilih dari opsi berikut:

  * Ganti duplikat dengan barang yang diekspor.

  * Izinkan item duplikat dibuat.

  * Jangan mengekspor barang duplikat.


Klik Browse dan pilih drive eksternal dari daftar perangkat penyimpanan.


Klik Berikutnya dan kemudian Selesai. Jika Anda ingin mengamankan pesan Anda, masukkan kata sandi saat diminta dan klik OK.


Itu selalu merupakan ide yang baik untuk mencadangkan semua file penting Anda di komputer Anda, termasuk email Anda. Jika komputer Anda mogok atau diretas, Anda akan selalu memiliki cadangan untuk mengakses data penting Anda.


Menyimpan email di hard drive eksternal juga merupakan cara untuk mengimpornya kembali ke komputer baru.


Sekian artikel tentang Cara Menyimpan Email Anda Ke Hard Drive Lokal. Baca juga artikel mengenai Cara Menyimpan, Mengedit, dan Menghapus Kata Sandi di Chrome yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama