Cara Menghentikan Iklan yang Dipersonalisasi dan Hasil Pencarian di Google dan Facebook

Cara Menghentikan Iklan yang Dipersonalisasi dan Hasil Pencarian di Google dan Facebook

Cara Menghentikan Iklan yang Dipersonalisasi dan Hasil Pencarian di Google dan Facebook.

 Cara Menghentikan Iklan yang Dipersonalisasi dan Hasil Pencarian di Google dan Facebook



Kita hidup di dunia di mana data dan kepentingan pribadi kita adalah hal yang paling berharga. Meskipun mungkin sulit untuk sepenuhnya menghapus situs web dan layanan dari pelacakan riwayat Anda dan membangun profil iklan untuk Anda, masih ada metode untuk menghentikan atau meminimalkan iklan yang dipersonalisasi dan hasil pencarian.


Dalam panduan ini, kami akan melihat bagaimana kami dapat menghentikan hasil yang dipersonalisasi agar tidak muncul di penelusuran web Anda, di situs web, dan saat menonton video.

Daftar isi


Kami akan mencari metode terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menghentikan hasil yang dipersonalisasi di platform terbesar dari Youtube dan Google hingga Facebook dan Instagram


Hentikan Hasil dan Iklan yang Dipersonalisasi di Produk Google


Kami akan mulai dengan perusahaan yang bisa dibilang memiliki kehadiran terbesar di internet; Google. Untuk memulainya, mari kita lihat bagaimana Anda dapat mematikan iklan hasil personalisasi.


Ini akan menghentikan Google untuk menampilkan kepada Anda iklan yang terkait dengan pencarian dan profil Anda yang dibuat oleh Google dari kebiasaan browsing dan pembelian Anda sebelumnya.


Untuk melakukan ini, kunjungi halaman akun Google saya dan kemudian pilih 'Data & Personalisasi' di kiri atas.


Selanjutnya, gulir ke bawah halaman ini dan temukan bagian Personalisasi iklan. Klik 'Buka pengaturan iklan' dan klik tombol untuk menonaktifkan personalisasi iklan. Dengan menonaktifkan ini, Anda tidak akan lagi melihat iklan hasil personalisasi di YouTube, di penelusuran Google, atau di situs web yang menggunakan iklan Google.


Menurut W3techs, ini kira-kira 30% dari semua situs web. Situs web paling populer sering menggunakan iklan Google, jadi kemungkinan besar sebagian besar situs web yang Anda kunjungi akan tercakup melalui ini.


Selanjutnya, saatnya untuk mematikan hasil pencarian yang dipersonalisasi melalui Google. Sayangnya, tidak ada cara untuk menghentikan Google mengumpulkan data tentang apa yang Anda cari, jadi jika Anda ingin menggunakan alternatif, coba DuckDuckGo.


Namun, Anda masih dapat mengedit penelusuran di Google Chrome untuk memastikan setiap penelusuran yang Anda lakukan menunjukkan hasil yang tidak dipersonalisasi. Untuk melakukannya, klik menu pengaturan (tiga titik bertumpuk) di kanan atas Chrome, lalu klik Pengaturan.


Di menu pengaturan, gulir ke bawah ke bagian Mesin pencari dan klik Kelola mesin pencari.

Selanjutnya, klik Tambahkan tepat di atas Mesin telusur lainnya, lalu masukkan informasi yang disediakan di bawah ini ke dalam bidang yang ditentukan:

  * Mesin pencari – Personalisasi nonaktif – Google

  * Kata Kunci – per

  * URL – http://www.google.com/search?pws=0&q=%s


Klik Tambah setelah memasukkan informasi yang benar.


Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah memulai pencarian apa pun dengan kata kunci 'per' di awal untuk secara otomatis diarahkan melalui URL pencarian yang tidak dipersonalisasi ini.


Matikan Iklan yang Dipersonalisasi di Facebook dan Instagram


Sekarang kami telah menghapus iklan dan pencarian yang dipersonalisasi dari YouTube dan Google, saatnya untuk menangani perusahaan internet terbesar berikutnya – Facebook.


Untuk mematikan iklan hasil personalisasi di situs web perusahaan Facebook, buka Facebook dan klik panah tarik-turun di sebelah bilah notifikasi di kanan atas. Pada menu tarik-turun yang muncul, klik Pengaturan.


Pada halaman pengaturan, klik Iklan di sisi kiri. Di halaman 'Iklan' Anda akan memiliki sejumlah opsi untuk dipilih. Berikut adalah beberapa contoh yang dapat Anda lakukan di sini.


Anda dapat memilih untuk melarang iklan berdasarkan data dari mitra – ini termasuk data yang dikumpulkan Facebook tentang Anda saat menjelajahi situs web lain yang bukan milik Facebook di internet.


Anda dapat memilih untuk melarang iklan berdasarkan aktivitas produk perusahaan Facebook Anda – menonaktifkan ini akan menghentikan Facebook menggunakan data yang dikumpulkan dari Facebook, Instagram, atau produk Perusahaan Facebook lainnya untuk iklan. Facebook masih akan mengumpulkan data ini, tetapi iklan tidak akan dipersonalisasi berdasarkan informasi ini.


Anda juga dapat memilih untuk menyembunyikan informasi tertentu untuk menghentikan personalisasi lebih lanjut dan mengubah beberapa pengaturan privasi, atau memilih untuk menyembunyikan topik dan kategori iklan tertentu di halaman ini.


Ringkasan


Singkatnya, panduan ini akan membantu Anda mengambil langkah-langkah untuk menghentikan iklan yang dipersonalisasi dan hasil pencarian melalui produk Google dan Facebook. Ini akan mencakup sebagian besar aktivitas internet rata-rata.


Jika Anda ingin kontrol lebih lanjut, langkah terbaik yang dapat Anda ikuti adalah menggunakan mesin pencari alternatif seperti DuckDuckGo, menghindari membuat akun Google, menggunakan VPN, dan menjelajah menggunakan mode penyamaran.


Bahkan dengan upaya ini, perusahaan seperti Facebook dan Google mungkin masih dapat membuat profil berdasarkan situs web yang Anda kunjungi, kebiasaan menjelajah Anda, dan lokasi atau informasi perangkat keras yang diberikan ke browser saat Anda mengunjungi halaman.

Sayangnya, sangat sulit untuk sepenuhnya menghentikan pelacakan seperti ini di internet, tetapi dengan tindakan pencegahan yang tepat, Anda pasti dapat meminimalkannya, atau setidaknya mengubah dampak informasi pribadi Anda terhadap hasil penelusuran dan iklan yang Anda lihat.


Jika Anda memiliki pertanyaan tentang topik ini, pastikan untuk meninggalkan komentar dan saya akan mencoba menghubungi Anda sesegera mungkin.


Sekian artikel tentang Cara Menghentikan Iklan yang Dipersonalisasi dan Hasil Pencarian di Google dan Facebook. Baca juga artikel mengenai Cara Menghentikan Kata Sandi IsiOtomatis Ditampilkan di Chrome yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama