Cara Menghapus Baris Kosong di Excel

Cara Menghapus Baris Kosong di Excel

Cara Menghapus Baris Kosong di Excel.

 Cara Menghapus Baris Kosong di Excel



Salah satu tugas paling umum di Excel adalah menghapus baris kosong. Apa pun jenis data yang Anda miliki di Excel, ada banyak kesempatan di mana Anda juga akan memiliki banyak baris kosong di seluruh file.


Jika Anda memiliki ribuan baris, menghapus baris kosong secara manual sangat merepotkan dan hampir tidak mungkin. Cara paling umum untuk menghapus baris kosong di Excel, setidaknya seperti yang disebutkan secara online, adalah dengan menggunakan semacam makro Excel.

Daftar isi


Namun, jika Anda tidak terbiasa dengan makro, metode ini mungkin sulit diterapkan. Juga, jika tidak berfungsi dengan baik, Anda mungkin tidak tahu cara mengubah makro untuk file Excel khusus Anda. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan beberapa cara Anda dapat menghapus baris kosong di Excel dan kelebihan dan kekurangan untuk setiap metode. Perhatikan bahwa metode ini akan berfungsi untuk versi Excel apa pun, mulai dari Excel 2003 hingga Excel 2016 dan seterusnya.


Metode 1 – Tambahkan Kolom Penyortiran


Untungnya, ada cara sederhana dan sangat efektif untuk menghapus baris kosong tanpa makro. Ini pada dasarnya melibatkan penyortiran. Inilah cara Anda melakukannya. Katakanlah kita memiliki kumpulan data berikut di Excel dan kita ingin menghilangkan baris kosong:


hapus baris kosong excel hapus baris kosong excel


Hal pertama yang akan kita lakukan adalah menyisipkan kolom dan memberi nomor secara berurutan. Anda mungkin bertanya mengapa kami ingin melakukan ini? Nah, jika urutan baris penting, saat kita mengurutkan Kolom A untuk menghilangkan baris kosong, tidak akan ada cara untuk mengembalikan baris ke urutan semula sebelum diurutkan.


Berikut tampilan lembar sebelum kita mengurutkan kolom nama hewan:


hapus baris kosong excel hapus baris kosong excel


Sekarang pilih kedua kolom dan klik pada pita Data di Excel. Kemudian klik tombol Sortir pada tab Data.


excel hapus baris kosong excel hapus baris kosong


Untuk Sort By, pilih Kolom B lalu klik OK. Perhatikan bahwa Anda ingin mengurutkan kolom yang memiliki nilai kosong di dalamnya. Jika lebih dari satu kolom memiliki nilai kosong, pilih saja satu.

hapus baris kosong hapus baris kosong


Sekarang data Anda akan terlihat seperti di bawah ini. Seperti yang Anda lihat, mudah untuk menghapus baris kosong karena semuanya ada di bagian bawah:


hapus baris kosong hapus baris kosong


Setelah Anda menghapus baris, sekarang Anda mungkin dapat melihat mengapa kami menambahkan kolom dengan angka? Sebelum disortir, urutannya adalah "Kucing, Anjing, Babi, dll.." dan sekarang menjadi "Beruang, Kucing, Sapi, dll...". Jadi urutkan lagi berdasarkan kolom A untuk mendapatkan kembali pesanan aslinya.


excel hapus baris kosong excel hapus baris kosong


Cukup mudah bukan? Yang saya sukai dari metode ini adalah sangat mudah untuk menghapus baris yang hanya memiliki satu kolom dengan nilai kosong daripada seluruh baris kosong. Jadi, bagaimana jika Anda perlu memeriksa beberapa kolom, bukan hanya satu?


Nah, dengan menggunakan metode yang sama, Anda hanya perlu menambahkan semua kolom dalam dialog Sort by. Berikut contoh lain yang saya buat:


Seperti yang Anda lihat, lembar ini lebih rumit. Sekarang saya memiliki beberapa baris yang benar-benar kosong, tetapi beberapa baris yang hanya sebagian kosong. Jika saya hanya mengurutkan berdasarkan kolom B, saya tidak akan mendapatkan semua baris yang benar-benar kosong di bagian bawah. Setelah menambahkan angka, pilih kelima kolom, dan klik Sort, Anda dapat melihat saya menambahkan empat level ke opsi Sort by.


Saat Anda melakukan ini, hanya baris di mana keempat kolom yang saya tambahkan kosong akan muncul di bagian bawah.


Sekarang Anda dapat menghapus baris-baris itu dan kemudian melanjutkan dan menggunakan sisa baris untuk mengembalikannya ke urutan semula.


Metode 2 – Menggunakan Filter


Dengan cara yang mirip dengan menggunakan fungsi Sortir, kita juga dapat menggunakan opsi Filter. Dengan menggunakan metode ini, Anda tidak perlu menambahkan kolom tambahan apa pun seperti itu. Cukup pilih semua kolom yang perlu diperiksa kosong dan klik tombol Filter.


Anda akan melihat panah tarik-turun muncul di samping setiap judul di baris tajuk. Klik itu dan kemudian hapus centang Pilih Semua dan centang Kosong di bagian bawah.


Sekarang lakukan hal yang sama untuk setiap kolom di lembar kerja. Perhatikan bahwa jika Anda sampai pada titik di mana hanya ada baris kosong yang ditampilkan, maka Anda tidak perlu memilih kosong untuk baris yang tersisa karena sudah dicentang secara default.


Anda akan melihat nomor untuk baris kosong yang disorot dengan warna biru. Sekarang pilih saja baris-baris itu, klik kanan dan pilih Hapus. Setelah hilang, cukup klik tombol Filter lagi untuk menghapus filter dan semua baris asli Anda yang tidak kosong akan muncul kembali.

Metode 3 – Hapus Semua Kosong


Satu metode lain yang ingin saya sebutkan akan menghapus setiap baris yang memiliki baris yang benar-benar kosong atau baris yang bahkan memiliki satu kolom kosong. Ini jelas bukan untuk semua orang, tetapi ini bisa berguna jika Anda ingin menghapus baris yang hanya memiliki sebagian data.


Untuk melakukan ini, pilih semua data pada lembar dan tekan tombol F5. Ini akan memunculkan dialog Go To, di mana Anda ingin mengklik Special.


Sekarang pilih Blanks dari daftar dan klik OK.


Anda akan melihat semua sel atau baris kosong akan disorot dalam warna abu-abu. Sekarang pada tab Beranda, klik Hapus lalu pilih Hapus Baris Lembar.


Seperti yang Anda lihat, ini menghapus setiap baris yang bahkan memiliki satu sel kosong di kolom mana pun.


Ini tidak berguna untuk semua orang, tetapi dalam beberapa kasus, ini juga sangat berguna. Pilih metode yang paling cocok untuk Anda. Menikmati!


Sekian artikel tentang Cara Menghapus Baris Kosong di Excel. Baca juga artikel mengenai Cara Menghapus Batas Tabel di Google Documents yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama