Cara Menggunakan Google Pengelola Tag Untuk Menganalisis Lalu Lintas Situs Web Anda

Cara Menggunakan Google Pengelola Tag Untuk Menganalisis Lalu Lintas Situs Web Anda

Cara Menggunakan Google Pengelola Tag Untuk Menganalisis Lalu Lintas Situs Web Anda.

 Cara Menggunakan Google Pengelola Tag Untuk Menganalisis Lalu Lintas Situs Web Anda



Apa pun jenis situs web yang Anda miliki, mengetahui bagaimana pengunjung Anda berinteraksi dengan situs Anda sangat penting. Google Analytics (GA) secara tradisional menjadi alat yang digunakan oleh webmaster untuk mendapatkan wawasan tentang lalu lintas situs web. GA memberikan statistik dan laporan kepada pengguna tentang:

  * Jumlah pengunjung situs Anda

  * Dari negara mana mereka berasal?

  * Berapa banyak halaman yang mereka kunjungi per sesi

  * Halaman paling populer di situs Anda

  * Berapa banyak pengunjung situs yang terpental (pergi tanpa melakukan tindakan apa pun)


Melacak metrik penting seperti tampilan laman, durasi sesi, dan rasio pentalan dengan GA memerlukan penempatan Kode Pelacakan GA atau cuplikan kode JavaScript GA di setiap laman web. Ini sangat ideal untuk melacak informasi umum.

Daftar isi


Namun, untuk metrik yang lebih spesifik atau beberapa interaksi, menjadi lebih sulit untuk melacak setiap tindakan. Misalnya, akan membutuhkan banyak waktu bagi pemilik situs web yang ingin melacak beberapa bentuk dan fitur berbeda untuk menyiapkan dan menjalankan semua tag yang diperlukan.


Google Tag Manager (GTM) adalah alat manajemen tag gratis yang memudahkan pelacakan semua tag Anda.


Apa itu Google Pengelola Tag?


Alih-alih mengganti GA, GTM bekerja dengan GA (yang merupakan tag itu sendiri) untuk membantu pengguna menambahkan kode pelacakan (tag), menentukan aturan, dan menerapkan cuplikan kode.


Data yang dikumpulkan oleh GTM dikirim ke dan disimpan di GA dan alat lain seperti Google Ads, PayPal, dan Facebook.


Contoh tag yang mungkin ingin dilacak oleh pemilik situs web adalah:

  * Iklan Google

  * Acara

  * Kode piksel Facebook

  * Pemasaran ulang

* Kode HTML/JavaScript Khusus


Pemilik situs web harus memutuskan perilaku mana yang akan memberikan wawasan yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan pemasaran strategis yang lebih baik. Kemudian gunakan Google Pengelola Tag untuk mengumpulkan data dan menganalisis hasilnya.


Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara mulai menggunakan GTM untuk situs web Anda.


Siapkan Situs Web Anda


  * Jika Anda belum memiliki akun Google Pengelola Tag, siapkan akun.


  * Tambahkan nama akun, negara, penyiapan penampung (domain Anda), dan platform target Anda (pilih web). Kemudian klik Buat.

  * Setelah Anda menyetujui persyaratan layanan Google, Anda akan melihat ID penampung Anda dengan dua cuplikan kode.


  * Anda perlu menambahkan kedua cuplikan ke setiap halaman situs Anda untuk menyelesaikan proses penyiapan. Pastikan Anda menambahkannya di tempat yang benar. Salah satunya ada di <head> halaman Anda. Yang lain pergi setelah tag <body> pembuka.

  * Jika Anda memerlukan bantuan tambahan untuk memasang cuplikan, baca Panduan Mulai Cepat Google. Atau, jika Anda menggunakan WordPress, ada beberapa plugin yang bisa Anda gunakan.

  * Setelah membuat penampung, Anda dapat mulai menambahkan tag dan pemicu untuk mendapatkan wawasan tentang pengunjung situs Anda.


Di bawah ini adalah contoh tindakan situs web untuk membantu Anda mengukur upaya pemasaran Anda.


Klik Tombol Pelacakan


Klik tombol mengacu pada berapa kali ajakan bertindak (CTA) situs web Anda diklik. Banyak situs memiliki beberapa CTA, seperti:

  * Unduh.

  * Masukkan ke keranjang.

  * Klik untuk menelepon.

  * Langganan.

  * Daftar.

  * Memulai.

  * Ambil laporan gratis Anda.

  * Belajarlah lagi.

* Bergabung.


Siapkan Beberapa Variabel


  * Klik pada Variabel dan kemudian Konfigurasi dari navigasi di sebelah kiri.

  * Gulir ke bawah dan klik Elemen, Kelas, ID, Target, URL, dan Teks.


  * Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan pemicu yang akan mengaktifkan semua klik. Klik Pemicu dari navigasi di sebelah kiri dan tekan BARU.


  * Kemudian beri nama pemicu Anda. Sebut saja Tombol Klik.

  * Untuk memilih jenis pemicu, klik di dalam jendela pemicu, gulir ke bawah ke bagian bawah halaman pop-up, dan klik Semua Elemen.

  * Pastikan Anda menyetel Pemicu ini menyala di Semua Klik dan klik Simpan.


  * Untuk memastikan tag berfungsi dengan benar, klik tombol Pratinjau. Bilah oranye akan muncul sehingga Anda akan tahu bahwa Anda berada dalam mode pratinjau.


  * Buka situs web Anda di tab browser baru dan segarkan halaman. Anda akan melihat item ringkasan dalam mode pratinjau cepat. Karena dalam contoh ini kami menyetel pemicu untuk diaktifkan setiap kali ada orang yang mengklik di mana saja di situs Anda, itu akan terdaftar sebagai klik GTM.

  * Jika Anda ingin mengidentifikasi tombol tertentu pada laman, pilih salah satu klik di panel pratinjau Google Pengelola Tag. Kemudian klik Variabel.


Anda akan melihat kelas klik, elemen klik, dan teks klik. Semua klik dan kelas klik yang berbeda diberi notasi. Setelah Anda menemukan variabel, cari tahu apa yang harus disaring untuk tombol yang ingin Anda lacak.


Klik tombol situs web itu, dan itu akan menyorot bagian ringkasan pada pratinjau GTM di bawah situs web Anda.


Lihat variabel yang terkait dengan tombol yang Anda pilih seperti kelas Klik, Elemen Klik, dan ID Klik. Gunakan informasi ini untuk mengatur klik tombol Anda. Kembali ke Google Pengelola Tag Anda. Arahkan ke Klik Tombol.


Untuk tujuan artikel ini, mari siapkan tombol untuk Ambil laporan gratis Anda, jadi ganti nama tombol menjadi Ambil CTA laporan gratis Anda.

  * Arahkan ke Pemicu ini menyala dan pilih Beberapa Klik.


Di sinilah Anda akan dapat memfilter berdasarkan variabel yang Anda temukan saat dalam mode pratinjau.


Kembali ke pratinjau situs web Anda dan tulis variabel untuk tombol yang ingin Anda lacak. Bagian tombol yang berbeda mungkin memiliki kelas yang berbeda tergantung di mana Anda mengklik.


Solusi terbaik untuk ini adalah mengalihkan pelacakan Anda ke Klik Tautan karena kelasnya sama di mana pun Anda mengeklik. Klik tautan adalah hyperlink yang tetap konstan.

  * Untuk mengubah bagian dalam GTM, pilih Click – All Elements dan ubah ke Just Links.


  * Gunakan kelas yang Anda tulis dari mode pratinjau dan tambahkan di kotak kosong di sebelah kanan Klik Kelas dan klik Simpan.


Buat Tag


  * Klik Tag dari navigasi sisi kiri dan tekan Baru.


  * Klik di dalam kotak Konfigurasi Tag untuk membuka jenis tag. Gulir ke bawah dan pilih HTML Khusus.

  * Anda dapat menggunakan variabel di dalam bagian HTML Khusus ini dengan mengetiknya di dalam tanda kurung ini {}.

  * Saat Anda mulai mengetik tanda kurung, Anda akan melihat menu pilih pencarian cepat di mana Anda dapat memilih variabel yang sudah Anda tentukan.


  * Sekarang Anda perlu menghubungkan ini ke pemicu yang baru saja Anda buat. Klik di dalam kotak Pemicu, pilih pemicu dan klik Simpan.

  * Segarkan kembali halaman pratinjau Anda untuk menguji tombol Anda. Klik tombol Anda untuk melihat apakah tag diaktifkan. Jika tidak berhasil, kembali dan periksa semua pengaturan Anda.

  * Jika benar, Anda akan melihat Tag Diaktifkan di Acara Ini. Anda sekarang melacak ketika tombol Anda diklik.


Jadikan Tag Sebuah Acara


  * Kembali ke GTM dan pilih tag yang baru saja Anda buat. Pastikan untuk menamainya dengan nama yang dapat diidentifikasi.

  * Ubah jenis Tag dari HTML Khusus ke Google Analytics: Google Analytics: Universal Analytics.


  * Pilih Peristiwa untuk Jenis Trek, Tombol CTA untuk Parameter Pelacakan Peristiwa, Klik untuk Tindakan dan tambahkan nama pengenal untuk Label.

  * Gulir ke bawah ke Setelan Google Analytics, pilih {{Google Analytics}} dan klik Simpan. Sekarang Anda melacak klik Anda di dalam Google Analytics sebagai suatu peristiwa.

  * Kirim acara Anda dan kemudian Publikasikan.

  * Di bagian Deskripsi Versi Penampung, tambahkan nama deskriptif untuk acara Anda dan klik Lanjutkan.


  * Pemicu baru dan tag baru Anda sekarang aktif di situs web Anda untuk melacak setiap kali pengunjung situs mengeklik tombol tersebut.


Tidak ada batasan jumlah tindakan yang dapat Anda lacak menggunakan Google Pengelola Tag. Semakin banyak data yang Anda kumpulkan dan ukur, semakin baik Anda dapat menyesuaikan kampanye pemasaran dan iklan Anda untuk meningkatkan konversi dan penjualan.


Sekian artikel tentang Cara Menggunakan Google Pengelola Tag Untuk Menganalisis Lalu Lintas Situs Web Anda. Baca juga artikel mengenai Cara Menggunakan If dan Nested If di Google Spreadsheet yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama