2 Cara Menggunakan Fungsi Transpose Excel

2 Cara Menggunakan Fungsi Transpose Excel

2 Cara Menggunakan Fungsi Transpose Excel.

 2 Cara Menggunakan Fungsi Transpose Excel



Jika Anda bekerja secara ekstensif dengan Excel di rumah, di tempat kerja, atau di kantor pusat, Anda memiliki kemewahan untuk menyiapkan lembar kerja Anda persis seperti yang Anda inginkan. Namun, setiap orang memiliki kebiasaan dan metode mereka sendiri untuk bekerja dengan Excel. Beberapa lebih suka mengatur data ke dalam kolom dan yang lain ke dalam baris.


Jika seseorang memberi Anda file Excel dan Anda lebih suka data ditampilkan dalam susunan yang berbeda, Anda dapat dengan mudah mengubah kolom menjadi baris dan baris menjadi kolom menggunakan fungsi Transpose bawaan Excel. Pada dasarnya ada dua cara untuk mentranspos data di Excel: dengan menyalin dan menempelkan atau dengan menggunakan fungsi transpos. Meskipun keduanya akan mentranspos data Anda, mereka bekerja secara berbeda, yang akan saya jelaskan di bawah.

Daftar isi


Transpose menggunakan Fungsi TRANSPOSE


Misalkan seseorang memberi Anda file Excel dengan data yang disusun ke dalam kolom dan Anda lebih suka data dalam baris.


Data Excel dalam Kolom Data Excel dalam Kolom


Mulailah dengan memilih area di mana Anda ingin mentranspos data dari kolom ke baris. Perhatikan pada contoh di atas bahwa data menempati A1 hingga B6. Itu adalah tabel data 2 kali 6 (2 × 6). Untuk memilih area transposisi, Anda memerlukan area sebaliknya atau area 6 kali 2 (6×2). Mulai di sel A12 (atau di mana pun Anda menginginkan data yang dialihkan), tandai area 6x2.


Pilih Area untuk Transpose Data Pilih Area untuk Transpose Data


Perhatikan bahwa sel yang kami pilih mencakup A12 hingga F13, area 6x2. Dengan area ini dipilih, klik pada bilah rumus di atas. Pastikan area yang Anda pilih masih dipilih sebelum Anda mulai mengetik rumus. Sekarang ketikkan rumus berikut ke dalam bilah rumus

=transpose(a1:b6)


tapi jangan tekan Enter dulu. Memasukkan rumus ini ke dalam Excel berbeda dari kebanyakan rumus lainnya. Anda perlu menahan tombol Ctrl dan Shift saat menekan Enter. Jadi tekan Ctrl + Shift + Enter. Lembar kerja Excel Anda sekarang akan terlihat seperti ini:


Kolom Excel Menjadi Baris Kolom Excel Menjadi Baris


Kombinasi tombol Ctrl + Shift + Enter menempatkan satu set kawat gigi di sekitar rumus. Ini memberi tahu Excel bahwa output rumus akan berupa larik data, bukan hanya satu sel. Anehnya, Anda tidak bisa mengetik kawat gigi dalam diri Anda; Anda harus menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Enter.


Saat Anda menggunakan fungsi transpos untuk mentranspos data, kedua kumpulan data ditautkan. Artinya, jika Anda mengubah data di A1, misalnya, itu akan mengubah nilai di A12 juga. Bahkan jika sel memiliki rumus, itu akan memperbarui nilai di kedua tempat.

Pada contoh di bawah ini, saya memiliki beberapa data tentang pekerja, jam kerja dan total gaji. Saya menggunakan fungsi transpose untuk mentranspos data.


Saya melanjutkan dan mengubah satu nama dan jam kerja untuk semua individu dan seperti yang Anda lihat, kedua kumpulan data disinkronkan.


Ini juga berarti bahwa jika Anda menghapus sel atau baris data asli, Anda akan mendapatkan kesalahan referensi di sel yang dialihkan! Jika Anda tidak ingin kedua kumpulan data ditautkan, opsi yang lebih baik adalah menggunakan metode salin dan tempel di bawah, yang menduplikasi data daripada menautkannya.


Transpos menggunakan Salin dan Tempel


Cara yang lebih mudah untuk mentranspos data di Excel adalah dengan menggunakan fitur salin dan tempel. Data tidak akan ditautkan, jadi Anda dapat menghapus kumpulan data asli dengan aman jika mau. Namun, jika Anda membuat perubahan pada kumpulan data asli, itu tidak akan tercermin dalam data yang dialihkan karena itu hanya salinan.


Pilih data yang ingin Anda transpose lalu klik kanan dan pilih Copy atau tekan CTRL + C pada keyboard Anda.


Sekarang klik kanan pada sel kosong tempat Anda ingin menempelkan data dan klik tombol Transpose. Jika Anda hanya mengarahkan kursor ke tombol transpose, itu benar-benar akan memberi Anda pratinjau langsung dari data pada lembar.


Jika Anda mengubah data apa pun dalam kumpulan data asli, itu tidak akan memengaruhi data yang dialihkan dan sebaliknya. Itu saja.

Pada contoh di bawah ini, saya memiliki beberapa data tentang pekerja, jam kerja dan total gaji. Saya menggunakan fungsi transpose untuk mentranspos data.


Saya melanjutkan dan mengubah satu nama dan jam untuk semua individu dan seperti yang Anda lihat, kedua kumpulan data disinkronkan.


Ini juga berarti bahwa jika Anda menghapus sel atau baris data asli, Anda akan mendapatkan kesalahan referensi di sel yang dialihkan! Jika Anda tidak ingin kedua kumpulan data ditautkan, opsi yang lebih baik adalah menggunakan metode salin dan tempel di bawah, yang menduplikasi data daripada menautkannya.


Transpos menggunakan Salin dan Tempel


Cara yang lebih mudah untuk mentranspos data di Excel adalah dengan menggunakan fitur salin dan tempel. Data tidak akan ditautkan, jadi Anda dapat menghapus kumpulan data asli dengan aman jika mau. Namun, jika Anda membuat perubahan pada kumpulan data asli, itu tidak akan tersimpan dalam data yang dialihkan karena hanya kumpulan data asli.


Pilih data yang ingin Anda transpose lalu klik kanan dan pilih Copy atau tekan CTRL + C pada keyboard Anda.


Sekarang klik kanan pada sel kosong tempat Anda ingin menempelkan data dan klik tombol Transpose. Jika Anda hanya mengarahkan kursor ke tombol transpose, itu benar-benar akan memberi Anda langsung dari data pada lembar.


Jika Anda mengubah data apa pun dalam kumpulan data, itu tidak akan memengaruhi data yang dialihkan dan sebaliknya. Itu saja.


Sekian artikel tentang 2 Cara Menggunakan Fungsi Transpose Excel. Baca juga artikel mengenai Cara Menggunakan Google Backup Dan Sync Untuk Mencadangkan Hard Drive Anda yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama