Cara Mengatur Ulang Pengaturan Kebijakan Grup di Windows 10

Cara Mengatur Ulang Pengaturan Kebijakan Grup di Windows 10

Cara Mengatur Ulang Pengaturan Kebijakan Grup di Windows 10.

 Cara Mengatur Ulang Pengaturan Kebijakan Grup di Windows 10


Anda dapat mengubah sebagian besar pengaturan Windows 10 melalui aplikasi Pengaturan atau Panel Kontrol di Windows. Karena itu, Anda mungkin perlu mengandalkan Editor Kebijakan Grup Lokal saat Anda perlu mengubah pengaturan lebih lanjut.


Editor Kebijakan Grup Lokal menyediakan antarmuka yang lebih komprehensif untuk mengubah pengaturan dasar (yaitu, pengaturan yang dapat Anda ubah melalui aplikasi Pengaturan atau Panel Kontrol) serta konfigurasi sistem lanjutan.

Daftar isi


Namun, seiring waktu, Anda dapat mengubah terlalu banyak kebijakan, yang dapat menyebabkan perilaku yang tidak diinginkan di sistem Anda. Jika Anda tidak dapat mengingat Objek Kebijakan Grup yang Anda ubah sebelum perilaku yang tidak diinginkan dimulai, Anda harus mengatur ulang semua pengaturan kebijakan grup kembali ke default.


Untungnya, Anda dapat mengatur ulang semua objek sekaligus menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal atau Prompt Perintah. Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan caranya.


Catatan: Sebelum Anda mulai mengatur ulang pengaturan kebijakan grup, Anda harus tahu bahwa Editor Kebijakan Grup hanya tersedia di Windows 10 Professional dan Enterprise.


Setel Ulang Pengaturan Kebijakan Grup Menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal


Mulailah dengan meluncurkan Editor Kebijakan Grup Lokal dengan mencari gpedit.msc di Start Menu. Anda akan melihat dua bagian di panel kiri yang disebut Konfigurasi Komputer dan Konfigurasi Pengguna.


Konfigurasi Komputer berlaku untuk semua komputer dan semua pengguna yang masuk ke komputer tersebut. Sebaliknya, Konfigurasi Pengguna berlaku untuk semua pengguna, terlepas dari komputer yang mereka masuki. Ketika objek kebijakan grup (GPO) memiliki aturan yang bertentangan di bawah kedua konfigurasi, Konfigurasi Komputer menimpa Konfigurasi Pengguna.


Atur Ulang Pengaturan Konfigurasi Komputer


 1. Arahkan ke Konfigurasi Komputer > Template Administratif > Semua Pengaturan.

 2. Pengaturan apa pun yang sudah disetel ke default akan muncul sebagai Tidak dikonfigurasi di bawah kolom Status. Klik kolom Status untuk mengurutkan pengaturan sehingga yang Diaktifkan atau Dinonaktifkan muncul di bagian atas.


 3. Klik dua kali pada pengaturan yang Diaktifkan atau Dinonaktifkan, satu per satu.

 4. Atur Status dari Diaktifkan atau Dinonaktifkan ke Tidak dikonfigurasi.


 5. Pilih Terapkan lalu pilih OK.

Ulangi proses untuk setiap pengaturan yang ingin Anda atur ulang.


Atur Ulang Pengaturan Konfigurasi Pengguna


 1. Arahkan ke Konfigurasi Pengguna > Template Administratif > Semua Pengaturan.

 2. Karena status default semua setelan adalah Tidak Dikonfigurasi, klik kolom Status untuk mengurutkan setelan dan bawa setelan Diaktifkan atau Dinonaktifkan ke atas.


 3. Klik dua kali pada semua pengaturan yang Diaktifkan atau Dinonaktifkan, satu per satu.

 4. Atur Status dari Diaktifkan atau Dinonaktifkan ke Tidak dikonfigurasi.


 5. Pilih Terapkan dan OK.


Jika Anda perlu mengatur ulang sejumlah besar pengaturan sekaligus, ada cara yang lebih nyaman untuk melakukannya.


Setel Ulang Kebijakan Grup Menggunakan Prompt Perintah


Jika Anda memiliki daftar panjang pengaturan yang ingin Anda atur ulang ke default secara bersamaan, Anda dapat menjalankan dua perintah menggunakan command prompt.


Namun, metode ini hanya berfungsi untuk pengaturan yang disimpan secara lokal. Jika administrator jaringan mengontrol pengaturan kebijakan grup Anda, Anda harus menghubungi mereka untuk mengatur ulang kebijakan grup.

 1. Mulailah dengan meluncurkan Command Prompt yang ditinggikan. Cari cmd di Start Menu, klik kanan pada Command Prompt, dan Run as administrator.

 2. Jalankan perintah pertama:


RD /S /Q “%WinDir%\System32\GroupPolicyUsers” && RD /S /Q “%WinDir%\System32\GroupPolicy”

 3. Jalankan perintah kedua:


gpupdate / force


Perintah pertama menghapus direktori tempat pengaturan Kebijakan Grup Anda disimpan, dan perintah kedua menyegarkan pengaturan Kebijakan Grup Anda. Setelah selesai, Anda telah berhasil mengatur ulang pengaturan kebijakan grup pada PC Windows 10 Anda.

Pengaturan Kebijakan Grup Anda Sekarang Seperti Baru


Perhatikan bahwa Anda tidak dapat membuat perubahan ini jika komputer Anda adalah bagian dari jaringan Active Directory. Anda harus menghubungi administrator jaringan untuk mengatur ulang pengaturan kebijakan grup. Selain itu, Anda tidak dapat menggunakan proses ini untuk mengatur ulang objek Kebijakan Keamanan Lokal karena pengaturan tersebut tidak disimpan di bawah bagian Template Administratif.


Editor Kebijakan Grup telah menjadi bagian dari Windows untuk beberapa waktu, sehingga proses ini juga dapat mengatur ulang objek di Editor Kebijakan Grup Lokal pada Windows 7 dan 8.1. Mudah-mudahan, Anda dapat mengatur ulang kebijakan grup menggunakan salah satu metode dan sistem Anda sekarang berperilaku sebagaimana mestinya. Jika Anda masih menghadapi masalah apa pun, pertimbangkan pemulihan sistem atau reset pabrik.


Sekian artikel tentang Cara Mengatur Ulang Pengaturan Kebijakan Grup di Windows 10. Baca juga artikel mengenai Cara Mengatur Ulang Pengaturan Kebijakan Keamanan Lokal ke Default di Windows 10, 8, 7, Vista,  yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama