Cara Menambahkan Atau Memperbarui Resume Anda Di LinkedIn

Cara Menambahkan Atau Memperbarui Resume Anda Di LinkedIn

Cara Menambahkan Atau Memperbarui Resume Anda Di LinkedIn.

 Cara Menambahkan Atau Memperbarui Resume Anda Di LinkedIn



LinkedIn adalah salah satu jaringan profesional terbesar dan salah satu situs pencarian kerja terbaik. Meskipun tujuan utamanya adalah menghubungkan perekrut dan orang yang mencari pekerjaan, Anda juga dapat menggunakannya untuk melacak seseorang atau untuk mengetahui siapa yang mencari Anda secara online.


Jika Anda menggunakan jaringan ini untuk mencari pekerjaan baru, Anda mungkin mengalami beberapa masalah, seperti cara menambahkan atau memperbarui resume Anda di LinkedIn. Meskipun, pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu adalah apakah Anda harus mengunggah resume Anda di LinkedIn sama sekali.

Daftar isi


Haruskah Anda Menambahkan Resume Anda ke LinkedIn?


Pada awalnya, jawabannya tampak jelas – tentu saja, Anda harus melampirkan resume Anda ke profil LinkedIn Anda. Satu-satunya tujuan profil Anda di jaringan adalah untuk memberi Anda pekerjaan.


Menambahkan resume Anda ke LinkedIn dapat membantu dalam lebih dari satu cara:

  * Majikan masa depan Anda tidak perlu menelusuri profil LinkedIn Anda untuk menemukan informasi yang mereka cari. Semuanya diringkas dalam ringkasan satu halaman yang merupakan resume Anda.

  * Ini memberi majikan akses cepat ke detail kontak Anda. Jika mereka tertarik, mereka dapat menghubungi Anda secara langsung untuk menghindari percakapan panjang di jaringan.

  * Profil LinkedIn Anda mungkin agak luas, menampilkan semua keahlian dan pengalaman profesional Anda sebelumnya di berbagai bidang pekerjaan. Tapi resume Anda bisa menjadi versi yang dipersempit, disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda cari.

  * Akhirnya, Anda telah berusaha keras untuk membuat resume menarik yang berbicara tentang bakat dan pencapaian Anda. Mengapa tidak memamerkannya kepada calon majikan Anda di masa depan?


Namun, ada beberapa kerugian untuk melampirkan resume Anda ke profil LinkedIn Anda yang tidak boleh Anda abaikan.


Yang terbesar dari mereka adalah mempertaruhkan data pribadi Anda dibagikan secara publik secara online. Setelah Anda mengunggah resume Anda, Anda tidak akan lagi memiliki kendali atas siapa yang mengunduhnya dan mendapatkan akses ke informasi pribadi Anda, seperti alamat email, nomor telepon, bahkan mungkin alamat fisik Anda. Ini juga berarti bahwa semua orang di LinkedIn sekarang dapat mengunduh, menyalin, dan menggunakan resume Anda sesuai keinginan.


Satu hal lagi yang harus Anda pertimbangkan sebelum menambahkan resume Anda ke LinkedIn adalah seperti apa perusahaan Anda saat ini jika Anda memilikinya. Saat Anda mengunggah resume Anda, status pencarian pekerjaan Anda di LinkedIn menjadi aktif. Itu mungkin mengirimkan pesan yang salah kepada rekan kerja Anda di tempat kerja Anda saat ini.


Secara keseluruhan, setelah Anda mengunggah resume Anda, itu mengirimkan pesan bahwa Anda sedang aktif mencari pekerjaan. Beberapa perekrut mungkin merasa berguna (bahwa Anda memiliki resume Anda tepat di halaman LinkedIn Anda), sementara yang lain mungkin merasa putus asa. Pada akhirnya, terserah Anda apa yang menurut Anda paling cocok untuk membangun kehadiran LinkedIn Anda.


Cara Menambahkan Resume Anda Ke LinkedIn

Jika, setelah Anda mempertimbangkan semua pro dan kontra dari menambahkan resume Anda ke profil LinkedIn Anda, Anda masih ingin melakukannya, berikut adalah cara mengunggah resume Anda.


Sebelumnya, Anda dulu dapat menambahkan resume Anda ke bagian ringkasan profil LinkedIn Anda. Sekarang tata letaknya telah berubah, dan Anda harus menambahkan resume Anda ke bagian Unggulan agar dapat ditampilkan di profil Anda.

 1. Di profil Anda, gulir ke bawah ke bagian Unggulan atau ketuk tombol Tambahkan bagian profil.


 2. Dari menu pop-up, pilih Media.


 3. Temukan resume terbaru Anda di komputer Anda, dan pilih Buka. Pastikan dokumen Anda memiliki nama yang jelas seperti nama + resume Anda.

 4. Setelah Anda mengklik simpan, resume Anda akan ditampilkan di profil LinkedIn Anda.


Cara Mengunggah Resume Anda Untuk Aplikasi Aplikasi yang Mudah


LinkedIn menawarkan opsi kedua (dan kurang jelas) untuk menambahkan resume Anda ke profil Anda. Anda dapat menyimpan hingga tiga resume berbeda saat melamar pekerjaan di LinkedIn menggunakan fungsi Melamar Mudah.


Untuk menyimpan resume Anda saat melamar pekerjaan di LinkedIn, ikuti langkah-langkahnya:

 1. Dari bilah navigasi LinkedIn, pilih Pekerjaan.


 2. Dari posisi yang ditawarkan, temukan posisi yang memiliki ikon Melamar Mudah. Itulah pekerjaan yang dapat Anda lamar dengan cepat menggunakan resume yang disimpan di LinkedIn.


 3. Saat diminta, klik Unggah Resume dan lampirkan resume terbaru Anda ke aplikasi. Jika Anda menggunakan resume yang berbeda untuk posisi yang berbeda, pastikan untuk menggunakan nama yang berbeda untuk setiap resume yang Anda simpan.


Cara Memperbarui Resume Anda Di LinkedIn


Satu hal yang ingin Anda perhatikan ketika memiliki resume Anda di profil LinkedIn Anda adalah memastikannya selalu up to date. Anda tidak ingin terlihat ceroboh bagi calon majikan Anda dengan resume yang berumur beberapa tahun (atau beberapa pekerjaan).


Untuk memperbarui resume Anda di LinkedIn, Anda harus menghapus yang lama dan mengunggah dokumen baru. Setelah resume Anda yang diperbarui siap, buka bagian Unggulan di profil Anda.


Klik resume yang ingin Anda ganti, dan pilih Hapus. Setelah Anda menghapus item, ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bagian Cara Mengunggah Resume Anda Di LinkedIn dari artikel ini.


Untuk menghindari kebingungan dari perekrut potensial, pantau resume Anda di LinkedIn dan pastikan selalu segar dan terbaru.

Bangun Profil LinkedIn Anda


LinkedIn adalah jaringan yang bagus untuk siapa saja yang ingin memajukan karir mereka. Bahkan versi gratis dasar memungkinkan Anda untuk menunjukkan keahlian dan pencapaian profesional Anda, melukiskan gambaran terbaik tentang diri Anda untuk calon pemberi kerja, dan melamar posisi sebanyak yang Anda suka. Itu tentu saja membutuhkan waktu dan usaha.


Jika Anda ingin melompati beberapa langkah langsung ke puncak tangga karier, pertimbangkan untuk berinvestasi di LinkedIn Premium. Tingkat Karir hadir dengan banyak fasilitas berguna seperti statistik pelamar dan wawasan visibilitas yang akan membantu Anda meningkatkan profil LinkedIn Anda.


Apakah Anda menambahkan resume Anda ke halaman profil LinkedIn Anda? Apakah menurut Anda itu membantu pencarian pekerjaan Anda atau malah merugikan? Bagikan pemikiran Anda dengan kami di komentar di bawah.


Sekian artikel tentang Cara Menambahkan Atau Memperbarui Resume Anda Di LinkedIn. Baca juga artikel mengenai Cara Menambahkan Catatan Kaki di Word yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama