Cara Membuat Beberapa Daftar Drop Down Tertaut di Excel

Cara Membuat Beberapa Daftar Drop Down Tertaut di Excel

Cara Membuat Beberapa Daftar Drop Down Tertaut di Excel.

 Cara Membuat Beberapa Daftar Drop Down Tertaut di Excel



Daftar drop-down di Excel adalah alat yang ampuh. Mereka memungkinkan Anda memberi pengguna panah tarik-turun yang, ketika dipilih, memberi mereka daftar pilihan.


Hal ini dapat mengurangi kesalahan entri data karena menghindari pengguna dari keharusan mengetik jawaban secara langsung. Excel bahkan memungkinkan Anda menarik item untuk daftar drop-down tersebut dari rentang sel.

Daftar isi


Namun, itu tidak berhenti di situ. Menggunakan beberapa cara kreatif untuk mengonfigurasi validasi data untuk sel drop-down, Anda bahkan dapat membuat beberapa daftar drop-down tertaut, di mana item yang tersedia di daftar kedua bergantung pada bagian yang dibuat pengguna di daftar pertama.


Apa Manfaat Beberapa Daftar Drop-Down Tertaut?


Pertimbangkan bahwa sebagian besar formulir online mengisi daftar drop-down sekunder berdasarkan apa yang Anda jawab dalam daftar drop-down sebelumnya. Ini berarti Anda dapat membuat lembar entri data Excel sama canggihnya dengan formulir online. Ini akan memodifikasi dirinya sendiri berdasarkan jawaban pengguna.


Misalnya, katakanlah Anda menggunakan spreadsheet Excel untuk mengumpulkan informasi komputer dari pengguna Anda yang membutuhkan perbaikan komputer.


Opsi entri mungkin terlihat seperti ini:

  * Bagian Komputer: Monitor, Mouse, Keyboard, Sistem Dasar

  * Jenis Bagian:

  + Monitor: Kaca, Perumahan, Kabel Listrik, Elektronik Internal

  + Mouse: Roda, Lampu LED, Kabel, Tombol, Casing

  + Keyboard: Tombol, Rumah, Membran, Kabel, Elektronik Internal

  + Sistem Dasar: Casing, Tombol, Port, Daya, Elektronik Internal, Sistem Operasi


Seperti yang Anda lihat dari pohon ini, informasi yang harus tersedia untuk dipilih untuk "Jenis Bagian" bergantung pada Bagian Komputer mana yang dipilih pengguna dalam daftar turun bawah pertama.


Dalam contoh ini, spreadsheet Anda mungkin mulai terlihat seperti ini:

Jika Anda membuat beberapa daftar drop-down tertaut, Anda dapat menggunakan item yang dipilih dari daftar drop-down di B1 untuk mengarahkan konten daftar drop-down di B2.


Mari kita lihat bagaimana Anda dapat mengatur ini. Juga, jangan ragu untuk mengunduh contoh lembar Excel kami dengan contoh di bawah ini.


Buat Lembar Sumber Daftar Drop-Down Anda


Cara terbersih untuk mengatur sesuatu seperti ini adalah dengan membuat tab baru di Excel di mana Anda dapat mengonfigurasi semua item daftar drop-down Anda.


Untuk menyiapkan daftar drop-down tertaut ini, buat tabel di mana header di bagian atas adalah semua bagian komputer yang ingin Anda sertakan dalam daftar dropdown pertama. Kemudian daftarkan semua item (tipe bagian) yang harus berada di bawah tajuk itu.


Selanjutnya, Anda ingin memilih dan memberi nama setiap rentang sehingga saat Anda menyiapkan Validasi Data nanti, Anda dapat memilih yang benar.


Untuk melakukan ini, pilih semua item di bawah setiap kolom dan nama yang dipilih memiliki rentang yang sama dengan header. Untuk memberi nama tabel, Anda cukup mengetikkan nama di bidang di atas kolom "A".


Misalnya, pilih sel A2 hingga A5, dan beri nama rentang itu "Monitor".


Ulangi proses ini sampai Anda memiliki semua rentang yang dinamai dengan tepat.


Cara alternatif untuk melakukan ini adalah menggunakan fitur Buat dari Pilihan Excel. Ini memungkinkan Anda memberi nama semua rentang seperti proses manual di atas, tetapi dengan satu klik.


Untuk melakukan ini, cukup pilih semua rentang di lembar kedua yang Anda buat. Kemudian pilih Rumus dari menu, dan pilih Buat dari Pilihan di pita.


Sebuah jendela pop-up akan muncul. Pastikan hanya Top row yang dipilih lalu pilih OK.


Ini akan menggunakan nilai header di baris atas untuk memberi nama setiap rentang di bawahnya.


Siapkan Daftar Drop Down Pertama Anda


Sekarang saatnya untuk menyiapkan beberapa daftar drop-down tertaut Anda. Untuk melakukan ini:

1. Kembali ke lembar pertama, pilih sel kosong di sebelah kanan label pertama. Kemudian pilih Data dari menu, dan pilih Validasi Data di pita.


2. Di jendela Validasi Data yang terbuka, pilih Daftar di bawah Izinkan, dan di bawah Sumber, pilih ikon panah atas. Ini akan memungkinkan Anda memilih rentang sel yang ingin Anda gunakan sebagai sumber untuk daftar drop-down ini.


3. Pilih lembar kedua tempat Anda mengatur data sumber daftar drop-down, lalu pilih hanya bidang header. Ini akan digunakan untuk mengisi daftar drop-down awal di sel yang Anda pilih.


4. Pilih panah bawah di jendela pilihan untuk memperluas jendela Validasi Data. Anda akan melihat rentang yang Anda pilih sekarang ditampilkan di bidang Sumber. Pilih OK untuk menyelesaikan.


5. Sekarang, kembali ke lembar utama, Anda akan melihat bahwa daftar drop-down pertama berisi masing-masing bidang header dari lembar kedua.


Sekarang setelah daftar drop-down pertama Anda selesai, saatnya untuk membuat daftar drop-down tertaut berikutnya.


Siapkan Daftar Drop Down Pertama Anda


Pilih sel kedua yang Anda inginkan untuk memuat item daftar tergantung pada apa yang dipilih di sel pertama.


Ulangi proses di atas untuk membuka jendela Validasi Data. Pilih Daftar di drop-down Izinkan. Bidang Sumber adalah apa yang akan menarik item daftar tergantung pada apa yang dipilih dalam daftar drop-down pertama.


Untuk melakukannya, masukkan rumus berikut:


=TIDAK LANGSUNG($B$1)


Bagaimana cara kerja fungsi INDIRECT?


Fungsi ini mengembalikan referensi Excel yang valid (dalam hal ini ke rentang), dari string teks. Dalam hal ini, string teks adalah nama rentang yang dilewati oleh sel pertama ($B$1). Jadi INDIRECT mengambil nama rentang dan kemudian memberikan validasi data tarik-turun dengan rentang yang benar terkait dengan nama itu.


Catatan: Jika Anda mengonfigurasi validasi data untuk drop-down kedua ini tanpa memilih nilai dari drop-down pertama, Anda akan melihat pesan kesalahan. Anda dapat memilih Ya untuk mengabaikan kesalahan dan melanjutkan.


Sekarang, uji beberapa daftar drop-down tertaut baru Anda. Gunakan drop-down pertama untuk memilih salah satu bagian komputer. Saat Anda memilih drop-down kedua, Anda akan melihat item daftar yang sesuai untuk bagian komputer tersebut. Ini adalah jenis bagian di kolom pada lembar kedua yang Anda isi untuk bagian itu.


Menggunakan Beberapa Daftar Drop-Down Tertaut di Excel


Seperti yang Anda lihat, ini adalah cara yang sangat keren untuk membuat spreadsheet Anda jauh lebih dinamis. Dengan mengisi daftar drop-down berikutnya sebagai tanggapan atas apa yang dipilih pengguna di sel lain, Anda dapat membuat spreadsheet Anda jauh lebih responsif terhadap pengguna, dan datanya jauh lebih berguna.


Bermain-main dengan tips di atas dan lihat daftar tarik-turun tertaut seperti apa yang dapat Anda buat di spreadsheet Anda. Bagikan beberapa kiat menarik Anda sendiri di bagian komentar di bawah.


Sekian artikel tentang Cara Membuat Beberapa Daftar Drop Down Tertaut di Excel. Baca juga artikel mengenai Cara Membuat Blog Wix Sebagus WordPress yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama