Cara Memasukkan CSV atau TSV Ke dalam Lembar Kerja Excel

Cara Memasukkan CSV atau TSV Ke dalam Lembar Kerja Excel

Cara Memasukkan CSV atau TSV Ke dalam Lembar Kerja Excel.

 Cara Memasukkan CSV atau TSV Ke dalam Lembar Kerja Excel



File data berbasis teks adalah salah satu metode paling umum untuk menyimpan data di dunia saat ini. Ini karena file teks, secara umum, menghabiskan ruang terakhir dan paling mudah disimpan. Untungnya, sangat mudah untuk memasukkan file CSV (nilai yang dipisahkan koma) atau TSV (nilai yang dipisahkan tab) ke dalam Microsoft Excel.


Jika Anda ingin menyisipkan CSV atau TSV ke dalam lembar kerja Excel, Anda hanya perlu mengetahui secara spesifik bagaimana data dalam file tersebut dipisahkan. Anda tidak perlu mengetahui detail tentang data, kecuali jika Anda ingin memformat ulang nilai tersebut menjadi string, angka, persentase, dan lainnya.

Daftar isi


Dalam artikel ini Anda akan mempelajari cara memasukkan file CSV atau TSV ke dalam lembar kerja Excel Anda dan cara memformat ulang data tersebut dalam proses pengimporan, untuk menghemat waktu Anda.


Cara Memasukkan File CSV Ke dalam Lembar Kerja Excel


Sebelum Anda dapat memasukkan file CSV ke lembar kerja Excel Anda, Anda perlu mengonfirmasi bahwa file data sebenarnya dipisahkan koma (juga dikenal sebagai "dibatasi koma").


Verifikasi Ini Adalah File yang Dipisahkan Koma


Untuk melakukan ini, buka Window Explorer dan arahkan ke direktori tempat file disimpan. Pilih menu Lihat dan pastikan panel Pratinjau dipilih.


Kemudian, pilih file yang Anda yakini berisi data yang dipisahkan koma. Anda akan melihat koma di antara setiap bagian data dalam file teks.


Contoh di bawah ini berasal dari kumpulan data pemerintah yang berisi hasil skor siswa SAT College Board 2010.


Seperti yang Anda lihat, baris pertama adalah baris header. Setiap bidang dipisahkan dengan koma. Setiap baris lainnya setelah itu adalah baris data, dengan setiap titik data dipisahkan dengan koma.


Ini adalah contoh tampilan file dengan nilai yang dipisahkan koma. Sekarang setelah Anda mengkonfirmasi pemformatan data sumber Anda, Anda siap untuk memasukkannya ke dalam lembar kerja Excel Anda.


Masukkan File CSV Ke Lembar Kerja Anda

Untuk menyisipkan file data CSV sumber ke lembar kerja Excel Anda, buka lembar kerja kosong.

 1. Pilih Data dari menu

 2. Pilih Get Data dari grup Get & Transform Data pada pita

 3. Pilih Dari File

 4. Pilih Dari Teks/CSV


Catatan: Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih Dari Teks/CSV langsung di pita.


Ini akan membuka browser file. Telusuri ke tempat Anda menyimpan file CSV, pilih, dan pilih Impor.


Ini akan membuka panduan impor data. Excel menganalisis data yang masuk dan mengatur semua kotak dropdown sesuai dengan format file data input, berdasarkan 200 baris pertama.


Anda dapat menyesuaikan analisis ini dengan mengubah salah satu setelan berikut:

  * Asal File: Jika file tersebut bertipe data lain seperti ASCII atau UNICODE, Anda dapat mengubahnya di sini.

  * Pembatas: Jika titik koma atau spasi digunakan sebagai pembatas alternatif, Anda dapat memilihnya di sini.

  * Deteksi Tipe Data: Anda dapat memaksa Excel untuk menganalisis berdasarkan seluruh kumpulan data, bukan hanya 200 baris pertama.


Saat Anda siap untuk mengimpor data, pilih Muat di bagian bawah jendela ini. Ini akan membawa seluruh dataset ke lembar kerja Excel kosong Anda.


Setelah Anda memiliki data tersebut di lembar kerja Excel, Anda dapat mengatur ulang data tersebut, mengelompokkan baris dan kolom, atau menjalankan fungsi Excel pada data tersebut.


Impor File CSV Ke Elemen Excel Lainnya


Sebuah lembar kerja tidak semua Anda dapat mengimpor data CSV ke. Di jendela terakhir, jika Anda memilih Muat Ke alih-alih Muat, Anda akan melihat daftar opsi lain.


Opsi di jendela ini meliputi:

  * Tabel: Ini adalah pengaturan default yang mengimpor data ke lembar kerja kosong atau yang sudah ada

  * Laporan PivotTable: Membawa data ke dalam laporan Tabel Pivot yang memungkinkan Anda meringkas kumpulan data yang masuk

  * PivotChart: Menampilkan data dalam bagan yang diringkas, seperti grafik batang atau diagram lingkaran

  * Hanya Buat Koneksi: Membuat koneksi ke file data eksternal, yang dapat Anda gunakan nanti untuk membuat tabel atau laporan di beberapa lembar kerja

Opsi PivotChart sangat kuat. Ini memungkinkan Anda melewati langkah-langkah menyimpan data dalam tabel dan kemudian memilih bidang untuk membuat bagan atau grafik.


Sebagai bagian dari proses impor data, Anda dapat memilih bidang, filter, legenda, dan data sumbu untuk membuat grafik tersebut dalam satu langkah.


Seperti yang Anda lihat, ada banyak fleksibilitas saat memasukkan CSV ke dalam lembar kerja Excel.


Cara Memasukkan File TSV Ke dalam Lembar Kerja Excel


Bagaimana jika file masuk Anda dibatasi tab, bukan dibatasi koma?


Prosesnya sebagian besar sama seperti di bagian sebelumnya, tetapi Anda akan ingin menggunakan kotak dropdown Pembatas untuk memilih Tab.


Juga, ingatlah bahwa saat Anda menelusuri file data, Excel secara otomatis menganggap Anda sedang mencari file *.csv. Jadi di jendela file browser, ingatlah untuk mengubah tipe file menjadi All Files (*.*) untuk melihat file tipe *.tsv.


Setelah Anda memilih pembatas yang benar, mengimpor data ke lembar kerja Excel, PivotChart, atau Laporan Pivot bekerja dengan cara yang persis sama.


Bagaimana Transformasi Data Bekerja


Di jendela Impor Data, jika Anda memilih Transform Data daripada memilih Muat, jendela Power Query Editor akan terbuka.


Jendela ini memberi Anda wawasan tentang bagaimana Excel secara otomatis mengonversi data yang diimpornya. Ini juga tempat Anda dapat mengubah bagaimana data itu dikonversi selama impor.


Jika Anda memilih kolom di editor ini, Anda akan melihat tipe data yang diasumsikan di bawah bagian Transform di pita.


Pada contoh di bawah ini, Anda dapat melihat bahwa Excel berasumsi bahwa Anda ingin mengonversi data di kolom tersebut ke dalam format Bilangan Utuh.


Anda dapat mengubahnya dengan memilih panah bawah di sebelah tipe data dan memilih tipe data yang Anda inginkan.


Anda juga dapat menyusun ulang kolom di editor ini dengan memilih kolom dan menyeretnya ke posisi yang Anda inginkan di lembar kerja Anda.


Jika file data masuk Anda tidak memiliki baris header, Anda dapat mengubah Gunakan Baris Pertama sebagai Header menjadi Menggunakan Header sebagai Baris Pertama.


Biasanya, Anda tidak perlu menggunakan Editor Power Query, karena Excel cukup bagus dalam menganalisis file data yang masuk.


Namun, jika file data tersebut tidak konsisten dalam cara data diformat atau Anda ingin mengatur ulang bagaimana data muncul di lembar kerja Anda, maka Editor Power Query memungkinkan Anda melakukannya.


Apakah data Anda ada di database MySQL? Pelajari cara menghubungkan Excel ke MySQL untuk memasukkan data tersebut. Jika data Anda sudah ada di file Excel lain, ada juga cara untuk menggabungkan data di beberapa file Excel menjadi satu file.


Sekian artikel tentang Cara Memasukkan CSV atau TSV Ke dalam Lembar Kerja Excel. Baca juga artikel mengenai Cara Memasukkan Lembar Kerja Excel ke dalam Word Doc yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama