Cara Melakukan Panggilan Konferensi di PC atau Seluler

Cara Melakukan Panggilan Konferensi di PC atau Seluler

Cara Melakukan Panggilan Konferensi di PC atau Seluler.

 Cara Melakukan Panggilan Konferensi di PC atau Seluler



Karena pekerjaan jarak jauh terus meningkat di banyak bagian dunia, konferensi virtual telah menjadi kebutuhan. Sejumlah sistem konferensi video tersedia, yang membuatnya lebih mudah untuk meng-host panggilan konferensi Anda sendiri daripada sebelumnya.


Jika Anda bertanya-tanya bagaimana melakukan panggilan konferensi, ada lusinan aplikasi panggilan konferensi yang memudahkan pengaturan dan panggilan. Namun, mencoba menemukan yang tepat dapat menjadi hal yang menakutkan karena kebanyakan dari mereka menawarkan fitur serupa.

Daftar isi


Cara Melakukan Panggilan Konferensi Menggunakan Aplikasi Panggilan Konferensi


Baik Anda memiliki bisnis kecil, Anda bekerja dari rumah atau hanya ingin tetap terhubung dengan keluarga dan teman, kami akan membantu Anda memilih aplikasi panggilan konferensi yang tepat untuk tetap terhubung.


1. Perbesar


Zoom adalah aplikasi konferensi video berbasis cloud yang mendapatkan popularitas ketika pandemi global membuat pertemuan fisik menjadi tidak mungkin. Aplikasi ini tidak hanya ramah pengguna dan dapat diandalkan, tetapi juga menawarkan berbagai alat dan fitur yang memungkinkan Anda menyelenggarakan rapat konstruktif.


Jika Anda ingin mengadakan panggilan konferensi, buka panduan kami tentang cara mengatur dan menggunakan Zoom. Namun, jika Anda menerima undangan untuk bergabung ke rapat Zoom, Anda dapat bergabung dengan mengeklik tautan, memasukkan ID Zoom dan kata sandi yang diberikan oleh penyelenggara rapat, atau melakukan panggilan ke rapat Zoom dengan nomor telepon Anda.


Zoom menawarkan paket dan layanan yang sesuai untuk anggaran yang berbeda, dan bagian terbaiknya adalah tidak ada batasan jumlah umpan video yang dapat Anda miliki secara bersamaan.


Fitur berharga lainnya yang akan Anda temukan di Zoom termasuk perekaman rapat, perpesanan grup, ruang kerja kelompok, papan tulis dan berbagi layar, tampilan speaker aktif, dan integrasi dengan Outlook dan Chrome.


Anda juga dapat mengangkat tangan untuk mengajukan pertanyaan tanpa mengganggu peserta lainnya, dan menunjuk orang lain sebagai tuan rumah jika Anda perlu meninggalkan panggilan.


Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Windows, Mac, Android, dan iOS sehingga Anda dapat memulai atau bergabung ke rapat dari ponsel cerdas atau desktop Anda. Jika Anda menggunakan ChromeOS, buka panduan kami tentang cara menggunakan Zoom di Chromebook.


2. Tim Microsoft

Microsoft Teams bukan hanya aplikasi panggilan konferensi tetapi juga perangkat lunak kolaborasi grup yang dirancang agar tim dapat bekerja sama dari jarak jauh. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur dan alat kolaborasi termasuk obrolan, panggilan video, serta akses ke program Office seperti Word, PowerPoint, dan Excel.


Dengan Teams, Anda dapat berbagi layar, membuat survei dan polling, mengerjakan papan tulis digital, berbagi file, dan mengadakan rapat dari desktop atau aplikasi seluler.


Jika Anda bertanya-tanya apakah akan menggunakan Microsoft Teams atau Zoom untuk melakukan panggilan konferensi, itu akan tergantung pada apakah Anda menggunakan paket gratis atau berbayar. Dengan Teams, paket gratis hanya memungkinkan Anda menyelenggarakan panggilan video satu lawan satu sehingga Anda tidak dapat menyelenggarakan panggilan konferensi dengan banyak peserta.


Zoom, di sisi lain, memungkinkan Anda mengadakan panggilan konferensi dengan banyak peserta menggunakan versi gratisnya.


Salah satu fitur unik yang akan Anda temukan dengan Teams adalah Mode Bersama, yang memungkinkan Anda bertemu peserta lain di ruang virtual yang Anda pilih apakah itu kantor atau kedai kopi. Lihat panduan kami tentang kiat dan trik Microsoft Teams terbaik untuk membantu Anda menjadi lebih produktif menggunakan aplikasi.


3. Skype


Skype adalah salah satu aplikasi paling awal yang menawarkan obrolan video dan layanan VoIP sejak 2003. Aplikasi ini menawarkan panggilan Skype-ke-Skype gratis, konferensi video gratis hingga 50 peserta, dan fitur lainnya seperti SMS, video HD, audio, dan telepon rumah panggilan telepon.


Anda juga dapat berbagi layar, mengunggah file, menggunakan terjemahan waktu nyata di Skype seperti yang Anda lakukan dengan Zoom, dan merekam panggilan Skype di perangkat Windows, Mac, iPhone, atau Android Anda.


Untuk mengatur panggilan konferensi di Skype, Anda dapat membuat tautan rapat online gratis atau mengaturnya menggunakan aplikasi Skype di desktop atau perangkat seluler Anda.


Jika Anda menggunakan aplikasi Skype, luncurkan di komputer atau perangkat seluler Anda, dan pilih ikon Grup di atas daftar kontak Anda. Di jendela kosong, pilih dan seret kontak yang Anda inginkan dalam panggilan konferensi, lalu mulai panggilan dengan memilih tombol Panggil grup.


4. GoToMeeting


GoToMeeting adalah aplikasi panggilan konferensi yang sangat baik untuk pemilik usaha kecil karena memungkinkan Anda menyelenggarakan rapat besar tergantung pada paket layanan yang Anda ikuti.


Layanan ini penuh dengan fitur panggilan konferensi berkualitas tinggi termasuk pengiriman pesan, perekaman, berbagi layar, transkripsi, kunci rapat, dan alat menggambar.


Anda dapat menggunakan GoToMeeting di browser web, desktop, atau perangkat seluler, dan menyelenggarakan rapat instan atau menjadwalkan rapat untuk nanti. Kelemahan utama adalah tidak ada paket gratis tetapi uji coba 14 hari tersedia bagi Anda untuk mencobanya tanpa biaya.


Termasuk fitur obrolan yang memungkinkan peserta berkomunikasi satu sama lain tanpa mengganggu pembicara, dan streaming video HD untuk gambar sejernih kristal selama rapat.

Untuk melakukan panggilan konferensi menggunakan GoToMeeting, masuk ke akun Anda lalu pilih tombol Jadwalkan di bawah Jadwalkan Rapat di halaman Rapat Saya. Di jendela browser baru, pilih tanggal dan waktu untuk panggilan, pilih apakah itu rapat satu kali atau berulang, opsi audio Anda, lalu atur izin dan kata sandi.


Setelah pengaturan rapat diterapkan, undang peserta Anda, lalu mulai panggilan konferensi. Selama rapat, Anda dapat mengakses opsi dan daftar peserta lain dari panel kontrol, berkolaborasi, dan berbagi rekaman panggilan dengan peserta.


5. Google Meet


Google Meet dan Zoom hampir mirip dalam hal fitur dan pengaturan, tetapi Google Meet adalah aplikasi panggilan konferensi gratis untuk semua pengguna akun Google.


Aplikasi ini berfungsi di desktop dan perangkat seluler, dan Anda dapat mengaksesnya dari Gmail sendiri atau membuat panggilan konferensi instan dari halaman depan Google Meet atau aplikasi di perangkat seluler Anda.


Selama rapat, Anda dapat membuat presentasi, mengangkat tangan, melakukan polling, menggunakan ruang kerja kelompok, menggunakan papan tulis, mengubah latar belakang, mengirim pesan obrolan, dan bahkan menggunakan teks.


Lihat panduan mendalam kami di Google Meet dan cara kerjanya untuk langkah-langkah mendetail tentang cara menyiapkannya.


Tingkatkan Pengalaman Panggilan Grup Anda


Lewatlah sudah hari-hari ketika Anda membutuhkan telepon, kartu SIM dan airtime yang cukup untuk mengatur panggilan konferensi. Saat ini, yang Anda butuhkan hanyalah WiFi yang kuat, laptop atau perangkat seluler, dan aplikasi panggilan konferensi yang bagus.


Dengan lima aplikasi panggilan konferensi ini, Anda mendapatkan konektivitas yang lebih baik dengan keluarga atau kolega di seluruh dunia, lebih banyak fleksibilitas untuk bekerja dari mana saja, dan Anda dapat menjalankan rapat dengan mudah. Jika Anda menginginkan cara yang lebih mendalam untuk bertemu dengan rekan kerja, lihat layanan terbaik untuk mengadakan rapat di virtual reality.


Apa layanan panggilan konferensi favorit Anda? Beritahu kami tentang hal itu di komentar.


Sekian artikel tentang Cara Melakukan Panggilan Konferensi di PC atau Seluler. Baca juga artikel mengenai Cara Melakukan Panggilan WhatsApp Menggunakan Siri yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama