Bagaimana Mengabjadkan Di Excel

Bagaimana Mengabjadkan Di Excel

Bagaimana Mengabjadkan Di Excel.

 Bagaimana Mengabjadkan Di Excel



Saat Anda ingin mengurutkan abjad di Excel, apakah itu untuk mengurutkan kolom atau baris, prosesnya biasanya mudah. Namun, ketika harus membuat abjad beberapa baris atau kolom, atau berurusan dengan huruf dan angka, prosesnya mungkin memerlukan beberapa langkah tambahan.


Dalam artikel ini Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang cara mengurutkan data menurut abjad dalam lembar bentang Excel.

Daftar isi


Abjad Di Excel Dengan Sortir


Metode yang Anda gunakan untuk menyusun abjad di Excel bergantung pada berapa banyak kolom atau baris yang berisi data yang ingin Anda atur.


Menyortir satu kolom data menurut abjad adalah yang paling mudah. Jika Anda memiliki beberapa kolom dan ingin memastikan semua data sejajar dengan kolom yang diurutkan menurut abjad, ada beberapa langkah tambahan.


Terakhir, ada pertimbangan khusus yang perlu diperhatikan jika Anda ingin mengurutkan beberapa kolom, dan apakah data memiliki baris header atau tidak.


Umum


Metode paling sederhana untuk menyusun abjad di Excel adalah jika Anda memiliki satu kolom data. Misalnya, jika Anda memiliki kolom dengan daftar nama.


1. Pilih kolom data.


2. Pilih menu Home, dan pilih dropdown Sort & Filter di grup Editing pada pita.


3. Pilih Urutkan A ke Z atau Urutkan Z ke A tergantung bagaimana Anda ingin mengatur data.


Sekarang, ketika Anda melihat kembali ke kolom yang Anda soroti, Anda akan melihat bahwa data di sana telah diurutkan menurut abjad menggunakan metode yang Anda pilih.

Bagaimana jika data Anda memiliki angka? Misalnya, katakanlah Anda memiliki kolom kedua dengan usia setiap orang.


Anda ingin mengurutkan kolom tersebut, jadi ikuti prosedur yang sama seperti di atas dan pilih kolom data.


Kali ini, saat Anda memilih Urutkan & Filter pada pita, Anda akan melihat bahwa pilihan untuk cara mengurutkan telah berubah.


Opsi ini akan mengurutkan angka dari angka terkecil hingga terbesar, atau sebaliknya.


Penyortiran Multi-Kolom


Ada satu masalah dengan menyortir kolom satu per satu dalam tabel yang berisi beberapa kolom data.


Jika Anda hanya memilih satu kolom dan mengurutkannya, kolom lainnya tetap di tempatnya. Ini berarti spreadsheet Anda akan tercampur dan data tidak lagi masuk akal. Jawabannya adalah mengurutkan semua kolom sekaligus.


Mari kita lakukan ini lagi dengan nama dan contoh spreadsheet usia.


1. Kali ini, daripada memilih satu kolom, pilih seluruh tabel.


2. Di menu Beranda, pilih Sortir & Filter, dan seperti sebelumnya, pilih preferensi pengurutan Anda.


Sekarang, Anda akan melihat bahwa tidak hanya nama yang diurutkan menurut abjad di spreadsheet Excel Anda, tetapi usia terkait dari kolom kedua diurutkan bersama mereka. Usia itu tetap dengan nama yang benar.


Ini tidak hanya berfungsi dengan spreadsheet dua kolom di Excel, tetapi itu akan berfungsi terlepas dari seberapa besar spreadsheet Anda, selama Anda memilih semua data dalam lembar sebelum menyortir.


Jika Anda mau, Anda juga bisa mengurutkan beberapa kolom menjadi satu, lalu mengurutkan satu kolom itu saja.


Sortir Khusus


Anda akan melihat opsi lain di menu tarik-turun Sortir & Filter adalah Sortir Kustom.

Untuk melihat cara kerjanya, mari kita ambil spreadsheet yang jauh lebih besar sebagai contoh. Spreadsheet dalam contoh ini adalah daftar nilai SAT untuk sekolah menengah atas di negara bagian New York.

 1. Pilih seluruh tabel data dalam spreadsheet, pilih menu Home, pilih Sort & Filter, dan pilih Custom Sort.


2. Anda akan melihat pop-up baru di mana Anda dapat memilih bagaimana setiap kolom diurutkan secara khusus. Pilih kolom yang ingin Anda urutkan, pilih bagaimana Anda ingin mengurutkannya, lalu pilih bagaimana Anda ingin mengurutkannya (A ke Z, Z ke A, atau Kustom).


Anda akan melihat ada beberapa pilihan Sort On yang menarik. Ini adalah:

  * Nilai Sel: Urutkan berdasarkan abjad, atau dalam hal angka, dari rendah ke tinggi atau tinggi ke rendah

  * Warna Sel: Atur data yang dikelompokkan berdasarkan warna sel

  * Warna Font: Atur data yang dikelompokkan berdasarkan warna font

  * Ikon Pemformatan Bersyarat: Atur data berdasarkan ikon di sel dari logika pemformatan bersyaratnya


Ini akan mengurutkan seluruh tabel data menurut kolom pertama yang Anda pilih. Tetapi Anda juga dapat melakukan pengurutan sekunder (setelah kolom yang dipilih pertama diurutkan).


Cukup pilih Tambah Tingkat. Dari bidang baru yang muncul, pilih lagi dropdown Kolom, Urutkan Pada, dan Urutan sesuai keinginan.


Pilih OK dan Anda akan melihat seluruh tabel Anda sekarang diurutkan berdasarkan beberapa kolom.


Ini akan mengurutkan pertama berdasarkan kolom awal yang Anda pilih, lalu yang kedua, ketiga, dan seterusnya.


Catatan: Anda mungkin telah memperhatikan bahwa opsi pengurutan kolom di dropdown di atas menyertakan nama header, bukan huruf. Ini karena kotak centang di sebelah Data saya memiliki header di jendela pengurutan dipilih. Jika spreadsheet Anda memiliki header, pastikan untuk memilih ini.


Abjad Di Excel Dengan Filter


Saat menggunakan tarik-turun Sortir & Filter di menu Beranda, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ada juga opsi Filter.


Jika Anda memilih ini, Anda akan melihat panah dropdown muncul di bagian atas setiap kolom. Saat Anda memilih salah satu panah di bagian atas salah satu kolom tersebut, Anda akan melihat daftar panjang opsi.


Berikut adalah cara kerja masing-masing opsi ini:

  * Urutkan A ke Z atau Urutkan Z ke A: Urutkan lembar menggunakan kolom ini menurut abjad di kedua arah.

  * Urutkan berdasarkan Warna: Ini akan memunculkan jendela pengurutan multi-kolom yang sama seperti pada bagian terakhir di atas.


Opsi pemfilteran lainnya di bagian bawah tidak akan membantu Anda menyusun abjad di Excel, tetapi ada banyak opsi untuk memfilter data yang tidak Anda pedulikan. Saat Anda memilih Filter Teks, Anda dapat memilih untuk hanya menampilkan data di lembar yang:

  * Sama dengan nilai tertentu

  * Tidak Sama dengan nilai tertentu

  * Dimulai Dengan kata atau angka

  * Berakhir dengan kata atau angka

  * Berisi kata atau angka

  * Tidak Mengandung kata atau angka

  * Filter Kustom memungkinkan Anda menggabungkan salah satu filter di atas untuk menggunakan beberapa filter


Seperti yang Anda lihat, ada banyak cara untuk menyusun abjad (atau nomor urut) di Excel. Opsi yang Anda pilih sangat bergantung pada seberapa banyak data yang ingin Anda urutkan, seberapa besar tabel yang ingin Anda urutkan, dan apakah Anda ingin mengurutkan hanya menurut satu kolom atau baris, atau beberapa kolom.


Pelajari selengkapnya tentang berbagai tip dan trik untuk Excel, dan bagikan teknik lain yang Anda ketahui tentang mengurutkan baris dan kolom di Excel.


Sekian artikel tentang Bagaimana Mengabjadkan Di Excel. Baca juga artikel mengenai Bagaimana Mengenalinya jika Folder Dibagikan di Windows 10 yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama