Apa itu DirectX dan Mengapa Penting?

Apa itu DirectX dan Mengapa Penting?.

 Apa itu DirectX dan Mengapa Penting?



DirectX adalah API atau Antarmuka Pemrograman Aplikasi. Ini bertindak sebagai perantara antara kode perangkat lunak video game dan perangkat keras yang digunakan untuk memainkannya. Tanpa DirectX, bermain video game tidak akan semudah seperti sekarang ini, tetapi apa itu DirectX dan mengapa begitu penting?


DirectX Adalah API, Tapi Apa Itu?


Kami telah mengatakan bahwa API adalah perangkat lunak yang memungkinkan game berkomunikasi dengan perangkat keras, tetapi itu adalah penyederhanaan yang besar. Lagi pula, driver perangkat keras yang berbicara dengan sistem operasi juga dapat dijelaskan dengan cara yang sama.

Daftar isi


Apa yang dilakukan API adalah menstandardisasi katalog perintah dan fitur yang dapat diminta oleh pengembang game untuk disediakan oleh perangkat keras komputer. Ini adalah lapisan perangkat lunak antara game dan perangkat keras yang menerjemahkan dua "bahasa" yang digunakan game dan perangkat keras.


Agar lebih akurat, API berbicara kepada driver perangkat keras atas nama game dan karena driver game dan perangkat keras telah ditulis agar sesuai dengan DirectX, bukan satu sama lain secara langsung, itu berarti percakapan berjalan lancar.


Jika Anda ingin menggali lebih dalam tentang API, HDG Menjelaskan: Apa Itu API? adalah tempat yang bagus untuk memulai.


Masa Lalu Yang Buruk Sebelum DirectX


Jadi kami telah menetapkan bahwa DirectX adalah API yang berdiri di antara game dan perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankannya, tetapi mengapa video game tidak dapat berbicara langsung dengan kartu grafis, kartu suara, dan sebagainya?


Itulah yang dulu terjadi. Pada hari-hari MS-DOS dan hari-hari awal Windows, video game berkomunikasi langsung dengan driver perangkat keras.


Masalah dengan pendekatan ini adalah bahwa pengembang game harus menulis kode untuk setiap produk individu atau keluarga produk. Jika Anda memainkan game MS-DOS klasik hari ini, Anda akan melihat entri kartu suara untuk merek seperti Creative SoundBlaster atau AdLib.


Ini adalah merek kartu suara paling populer, sehingga pengembang game dapat menjangkau sebagian besar pelanggan dengan mendukung mereka, tetapi tidak semua. Akhirnya, pembuat perangkat keras yang kurang dikenal akan membuat produk yang kompatibel dengan driver yang sama dengan nama besar. Itulah sebabnya kami mendapatkan begitu banyak kartu “Sound Blaster Compatible” saat itu.


Hasilnya adalah, meskipun Anda mendapatkan perangkat keras yang paling banyak didukung, tidak ada jaminan bahwa game tertentu akan berfungsi dengan komputer Anda. DirectX memecahkan masalah ini.

DirectX Memudahkan Pengembang dan Pembuat Perangkat Keras


Setiap versi DirectX (dan kami hingga DirectX 12) menetapkan serangkaian fitur perangkat keras dan perangkat lunak yang harus dimiliki oleh perangkat keras yang kompatibel. Dengan kata lain, jika Anda ingin kartu grafis Anda disertifikasi untuk versi terbaru DirectX, ia harus memiliki serangkaian kemampuan minimum yang ada di dalamnya.


Pengembang kemudian menulis game mereka agar tidak kompatibel dengan kartu grafis tertentu, tetapi agar kompatibel dengan DirectX itu sendiri. Dengan kata lain, baik pembuat perangkat keras maupun pengembang game menstandardisasi produk mereka ke DirectX dan, dengan demikian, setiap komponen game dan perangkat keras yang dirancang untuk bekerja dengan versi DirectX tertentu dijamin dapat dimainkan dengan baik satu sama lain.


DirectX Adalah "X" di Xbox


Semua orang tahu bahwa dua nama terbesar di ruang konsol video game adalah PlayStation dan Xbox, tetapi yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa nama asli yang terakhir pada awalnya adalah "DirectX Box".


Mungkin yang terbaik adalah Microsoft memutuskan untuk mempersingkat nama, tetapi itu juga merupakan deskripsi konsol yang sangat akurat. Xbox pertama dibuat bersama dengan perangkat keras PC, menjalankan versi Windows dan DirectX yang dipotong. Itu masih berlaku hari ini dengan konsol Xbox Series X dan S terbaru.


Salah satu manfaat besar dari ini adalah porting game antara Xbox dan PC Windows sangat sederhana. Karena mereka pada dasarnya platform yang sama. PlayStation dan Nintendo Switch menggunakan API mereka sendiri, yang membawa kita ke fakta penting berikutnya tentang DirectX.


DirectX Bukan Satu-satunya Game di Kota


Sementara DirectX telah menjadi salah satu API yang paling penting dan tersebar luas, itu jauh dari satu-satunya. Banyak organisasi yang berbeda mengakui bahwa ada kebutuhan untuk standardisasi. Sementara DirectX adalah API yang mencakup segala hal mulai dari grafik hingga pengontrol game, ada juga API yang hanya berfokus pada satu aspek, seperti grafik.


Ketika kartu grafis 3D pertama mulai populer di pertengahan 90-an, kebutuhan akan API grafis menjadi akut. Kartu Voodoo 3dFX menggunakan API Glide berpemilik. OpenGL (Open Graphics Library) adalah standar terbuka yang tetap populer hingga saat ini dan ada dalam bentuk modernnya sebagai Vulkan. Selain itu, Apple memiliki API Logam untuk perangkatnya sendiri dan masih banyak lagi di kategori perangkat lain seperti ponsel dan tablet.


Sementara DirectX tidak memiliki dominasi pasar yang lengkap, API lain dipengaruhi oleh apa yang diputuskan Microsoft untuk diamanatkan di setiap versi DirectX. Karena itu, mereka tidak mendikte orang lain. Setiap versi DirectX dibuat dengan berkonsultasi dengan semua pemangku kepentingan, sehingga hubungan tampaknya lebih saling menguntungkan daripada yang diperkirakan.


DirectX Bukanlah Sesuatu yang Perlu Anda Khawatirkan


Pertanyaan besarnya adalah sejauh mana Anda, pengguna, perlu khawatir tentang DirectX. Di masa lalu, dengan versi DirectX sebelumnya pada sistem Windows yang lebih lama, Anda harus menginstal DirectX secara manual. Sebagian besar waktu, game tertentu akan menggabungkan versi minimum DirectX yang diperlukan. Jika penginstal itu mendeteksi versi yang lebih baru dari generasi DirectX pada sistem, itu tidak akan menginstal apa pun.


Setiap versi DirectX (mis. 9c, 11 & 12) adalah miliknya sendiri, tetapi Windows 10 dilengkapi dengan salinannya yang sudah diinstal sebelumnya. Game lama Anda akan berjalan dengan baik di komputer Windows 10 baru Anda yang mengkilap.


Yang jauh lebih penting adalah pilihan perangkat keras Anda. Anda selalu dapat memperbarui perangkat lunak atau mengunduh perangkat lunak yang tepat untuk membuat game retro berfungsi, tetapi perangkat keras yang Anda miliki tidak dapat diubah tanpa peningkatan atau komputer baru.

Kepatuhan Perangkat Keras Dengan DirectX


Setiap perangkat keras yang relevan dengan videogame atau aplikasi lain yang menggunakan teknologi serupa, umumnya sesuai dengan versi terbaru DirectX pada saat dirilis.


Namun, jika versi baru DirectX dirilis, ada kemungkinan perangkat keras Anda yang ada mungkin tidak sesuai jika tidak ada fitur perangkat keras yang memerlukan versi baru DirectX untuk berfungsi. Ini bukan alasan untuk segera mengganti perangkat keras Anda!


Selalu ada masa transisi di mana game mendukung beberapa versi DirectX. Misalnya, saat ini tipikal untuk game yang mendukung DirectX 11 dan DirectX 12. Namun, jika Anda berada di pasar untuk perangkat keras baru (terutama GPU), ada baiknya untuk membeli sesuatu yang kompatibel dengan perangkat utama terbaru. versi DirectX. Karena Anda ingin pembelian baru Anda tetap relevan setidaknya selama beberapa tahun.


Saat melakukannya, Anda juga dapat memeriksa apakah perangkat keras baru Anda sesuai dengan versi terbaru dari API pesaing utama lainnya, seperti Vulcan, juga.


Sekian artikel tentang Apa itu DirectX dan Mengapa Penting?. Baca juga artikel mengenai Apa itu Double NAT dan Bagaimana Memperbaikinya di Jaringan yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama