13 Tips Mengatasi Masalah Saat File Dropbox Tidak Disinkronkan

13 Tips Mengatasi Masalah Saat File Dropbox Tidak Disinkronkan

13 Tips Mengatasi Masalah Saat File Dropbox Tidak Disinkronkan.

 13 Tips Mengatasi Masalah Saat File Dropbox Tidak Disinkronkan



Jika Anda menggunakan Dropbox sebagai penyimpanan utama, Anda memerlukan akses tanpa gangguan ke file Anda setiap saat. Terkadang, Anda mungkin menemukan bahwa file Dropbox Anda tidak disinkronkan. Jika ini terjadi, Anda tidak akan dapat menyinkronkan file dan perangkat Anda akan memiliki versi file yang lebih lama.


Ada banyak alasan mengapa file Dropbox tidak disinkronkan. Beberapa alasan ini termasuk firewall Anda yang mencegah Dropbox mengirim dan menerima file, mencoba mengunggah file yang dibatasi, dan sebagainya.

Daftar isi


Tutup & Buka Kembali Dropbox di Komputer Anda


Salah satu cara mudah untuk memperbaiki sebagian besar masalah kecil dengan file Dropbox yang tidak disinkronkan adalah dengan menutup aplikasi Dropbox dan kemudian membukanya kembali. Ini akan memperbaiki masalah sinkronisasi di komputer Anda.

 1. Temukan ikon Dropbox di baki sistem Anda dan klik.


 2. Klik nama Anda di pojok kanan atas dan pilih Keluar dari Dropbox.


 3. Luncurkan Dropbox dari Menu Mulai.


Izinkan Dropbox Melalui Firewall Komputer Anda


Jika firewall Anda menyebabkan Dropbox tidak menyinkronkan file Anda, Anda perlu menambahkan Dropbox sebagai pengecualian untuk firewall Anda.

 1. Buka aplikasi Pengaturan di PC Anda.


 2. Klik Perbarui & Keamanan.


 3. Pilih Keamanan Windows dari bilah sisi kiri.


 4. Klik Firewall & perlindungan jaringan di panel sebelah kanan.

5. Pilih Izinkan aplikasi melalui firewall.


 6. Klik Ubah pengaturan di bagian atas.


 7. Centang-tandai opsi Dropbox dan klik OK di bagian bawah.


Hentikan Aplikasi Sinkronisasi Lain Saat Anda Menggunakan Dropbox


Jika Anda menggunakan aplikasi lain untuk menyinkronkan konten di komputer, Anda harus menghentikan aplikasi tersebut saat Dropbox menyinkronkan kontennya. Menjalankan beberapa aplikasi sinkronisasi secara bersamaan dapat menyebabkan Dropbox tidak menyinkronkan file Anda.


Tutup aplikasi sinkronisasi Anda yang lain seperti OneDrive dan Google Drive hingga Dropbox selesai menyinkronkan file Anda.


Pastikan Tersedia Cukup Penyimpanan di Akun Dropbox Anda


Jika Anda menambahkan file baru ke akun Dropbox Anda, Anda perlu memastikan ada cukup ruang memori yang tersedia di akun Anda. Anda dapat memeriksa penggunaan penyimpanan Anda di situs web Dropbox sebagai berikut.

 1. Buka situs Dropbox dan masuk ke akun Anda.

 2. Klik ikon profil Anda di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan.


 3. Klik tab Rencana.

 4. Anda akan melihat ruang yang tersisa di akun Dropbox Anda.


Atur Waktu & Tanggal yang Benar di Komputer Anda


Beberapa prosedur sinkronisasi mengharuskan pengaturan tanggal dan waktu Anda benar. Jika pengaturan waktu dan tanggal Anda salah, Anda harus memperbaikinya.

 1. Klik kanan tanggal dan waktu Anda saat ini di sudut kanan bawah dan pilih Sesuaikan tanggal/waktu.


 2. Nonaktifkan opsi Setel waktu secara otomatis.


 3. Klik Ubah di bawah Atur tanggal dan waktu secara manual.

4. Masukkan tanggal dan waktu yang benar.


Ganti Nama File Anda Untuk Memperbaiki Masalah Sinkronisasi Dropbox


Salah satu alasan file Dropbox Anda tidak disinkronkan adalah karena Anda memiliki beberapa karakter terbatas dalam nama file Anda. Dropbox memiliki panduan yang memberi tahu karakter apa yang tidak diizinkan dalam nama file Anda jika Anda ingin mengunggah file Anda ke layanan.


Anda dapat mengganti nama file Anda untuk memperbaiki masalah ini.

 1. Klik kanan file Anda dan pilih Ganti Nama.


 2. Masukkan nama yang mudah untuk file Anda dan tekan Enter.


Gunakan Opsi Sinkronisasi Selektif Di Dropbox


Jika sinkronisasi Dropbox Anda hanya kehilangan file tertentu dari akun Anda, Anda mungkin tidak memilih file atau folder tersebut di opsi Sinkronisasi Selektif.

 1. Klik ikon Dropbox di baki sistem Anda.


 2. Pilih ikon profil Anda di bagian atas dan pilih Preferensi.


 3. Klik tab Sinkronisasi.

 4. Pilih tombol Sinkronisasi Selektif.


 5. Pilih folder yang ingin Anda sinkronkan dari akun Dropbox Anda dan klik Perbarui.


Perbaiki Hardlink Di Dropbox Di Komputer Anda


Dropbox menyarankan Anda menggunakan opsi untuk memperbaiki hardlink Anda untuk mengatasi masalah di mana file Dropbox Anda tidak disinkronkan.

 1. Klik ikon Dropbox di baki sistem Anda.


 2. Klik ikon profil Anda di bagian atas dan pilih Preferensi.


 3. Pilih tab Akun.

 4. Tekan dan tahan tombol Alt + H pada keyboard Anda dan pilih tombol Fix Hardlinks.


Hapus File Cache Dropbox


File cache sering kali menjadi alasan file Dropbox Anda tidak disinkronkan. Menghapus file-file ini dari komputer Anda akan memperbaiki masalah sinkronisasi.

 1. Tekan tombol Windows + R, ketik perintah berikut ke dalam kotak Run, dan tekan Enter.

%HOMEPATH%\Dropbox\.dropbox.cache


 2. Pilih semua file, klik kanan salah satu file, dan pilih Hapus.


 3. Klik kanan Recycle Bin di desktop Anda dan pilih Empty Recycle Bin.


Perbaiki Masalah Izin Dengan Dropbox


Dropbox tidak dapat menyinkronkan file Anda jika tidak memiliki izin untuk melakukannya. Ini mungkin mengapa beberapa file Dropbox Anda tidak disinkronkan. Anda dapat memperbaiki masalah izin ini dengan perintah di CMD.

 1. Tutup Dropbox dari baki sistem di PC Anda.

 2. Gunakan pencarian Cortana untuk mencari Command Prompt dan klik Run as administrator.


 3. Ketik perintah berikut dengan menekan Enter setelah setiap perintah.

icacls “%HOMEPATH%\Dropbox” /berikan “%USERNAME%”:(F) /T

icacls “%HOMEPATH%\Dropbox” /berikan “%USERNAME%”:(F) /T

icacls “%APPDATA%\Dropbox” /berikan “%USERNAME%”:(F) /T


 4. Luncurkan Dropbox di komputer Anda.


Matikan Perangkat Lunak Antivirus Anda


Sebagian besar aplikasi antivirus berfungsi baik dengan Dropbox tetapi beberapa mungkin menyebabkan masalah dengannya. Oleh karena itu, disarankan untuk mematikan alat antivirus Anda saat Anda menyinkronkan file Anda dengan Dropbox.


Gunakan Pemecah Masalah Aplikasi Untuk Memperbaiki Masalah Sinkronisasi Dropbox


Jika Anda telah mengunduh Dropbox dari Microsoft Store, Anda dapat menggunakan utilitas Pemecah Masalah Aplikasi untuk memperbaiki masalah dengan aplikasi Dropbox.

 1. Luncurkan aplikasi Pengaturan.


 2. Klik Perbarui & Keamanan.


 3. Pilih Troubleshoot di sidebar kiri.


 4. Pilih Aplikasi Windows Store di panel sebelah kanan.


Instal ulang Dropbox di Komputer Anda


Jika tidak ada metode yang memperbaiki masalah Anda, opsi terakhir Anda adalah menginstal ulang aplikasi Dropbox di komputer Anda. Ini akan memperbaiki masalah kecil dan besar dengan prosedur sinkronisasi.

 1. Buka Panel Kontrol.


 2. Klik Copot pemasangan program.


 3. Pilih Dropbox dalam daftar dan klik Copot pemasangan di bagian atas.


 4. Unduh ulang aplikasi Dropbox dan instal.


Apakah salah satu dari metode ini memperbaiki masalah sinkronisasi Dropbox di komputer Anda? Metode apa yang berhasil untuk Anda? Beri tahu kami di komentar di bawah.


Sekian artikel tentang 13 Tips Mengatasi Masalah Saat File Dropbox Tidak Disinkronkan. Baca juga artikel mengenai 13 Windows 10 Tweaks untuk Performa Lebih Baik yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama