10 Masalah Sinkronisasi OneDrive & Cara Memperbaikinya

10 Masalah Sinkronisasi OneDrive dan Cara Memperbaikinya

10 Masalah Sinkronisasi OneDrive & Cara Memperbaikinya.


OneDrive adalah platform berbasis Internet untuk menyimpan file Anda. Ini seperti memiliki hard drive di cloud. Semakin banyak file dan folder yang Anda simpan dan sinkronkan, semakin tinggi kemungkinan Anda akan mengalami masalah sinkronisasi OneDrive.


Pada artikel ini, kita akan membahas cara-cara berikut untuk memperbaiki masalah sinkronisasi:

Daftar isi


 1. Masalah dengan akun Anda atau di Microsoft?

 2. Koneksi akun

 3. Menggunakan OneDrive dengan Linux

 4. Ukuran file dan folder

 5. Setel ulang OneDrive

 6. Periksa jalur file

 7. Hubungkan kembali akun OneDrive Anda

 8. Periksa izin keamanan

 9. Sinkronisasi selektif

10. Apakah Anda menggunakan OneDrive dan Windows versi terbaru?


Masalah Dengan Akun Anda Atau Di Microsoft?


Hal pertama yang ingin Anda ketahui adalah apakah ada masalah dengan sistem Anda atau layanan OneDrive.


Klik kanan pada ikon OneDrive dan klik Lihat online untuk membuka file Anda di browser.


Jika file Anda tidak dimuat, itu bisa menjadi masalah dengan Microsoft dan bukan sistem Anda. Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah menunggu masalah diselesaikan.


Koneksi Akun

Kemungkinan alasan lain file Anda mungkin tidak disinkronkan adalah karena akun OneDrive Anda tidak ditautkan ke akun Windows Anda. Untuk menghubungkannya:

  * Klik ikon awan untuk membuka aplikasi.

  * Klik Lainnya, Pengaturan, dan Akun.


  * Klik Tambah akun.

  * Masukkan alamat email untuk akun OneDrive Anda.

  * Masuk dengan kata sandi Anda dan klik Berikutnya.


Selesaikan prosesnya dengan mengikuti petunjuk yang Anda lihat di layar. Akun OneDrive dan Microsoft Anda sekarang ditautkan. Coba sinkronkan file Anda lagi.


Menggunakan OneDrive Dengan Linux


Microsoft OneDrive tidak memiliki aplikasi klien resmi untuk pengguna Linux. Namun, Anda dapat menyinkronkan file cloud Anda menggunakan Google Drive Insync ke alat sinkronisasi pihak ketiga OneDrive untuk Linux.


Insync kompatibel dengan Linux Mint, Ubuntu, dan distribusi Linux 64-bit paling umum lainnya. Untuk menyinkronkan OneDrive Anda:

  * Unduh dan instal Insync.

  * Masuk dengan akun Microsoft Anda.

  * Pilih file yang ingin Anda sinkronkan ke cloud atau komputer Anda.


  * File Anda yang disinkronkan akan ada di Folder Dasar Anda di aplikasi Insync.


 Ukuran File dan Folder


File terbesar yang dapat diunggah ke paket OneDrive gratis dan premium adalah 10 GB. Jika Anda berpikir untuk menghosting situs web di OneDrive, bandingkan HostScore dari penyedia hosting lain untuk memastikannya memiliki bandwidth, kecepatan, dan sumber daya yang Anda perlukan untuk menyimpan semua file yang dihosting.


Jika ada file Anda yang lebih besar dari batas ini, kompres file sebelum mengunggahnya. Klik kanan, lalu klik Send to diikuti dengan folder Compressed (zip).


Coba sinkronkan file Anda lagi untuk melihat apakah ini memperbaiki masalah. Untuk menguji ulang:

  * Klik ikon OneDrive berwarna biru atau putih.

* Jika Anda tidak dapat melihat ikon, klik panah atas di sebelah area notifikasi. Pilih Lainnya, lalu klik Pengaturan.


  * Klik Akun dan kemudian Pilih folder. Jika ada file yang tidak ingin Anda sinkronkan, hapus centang pada kotak di sebelahnya.


Jika Anda tidak lagi mengalami masalah sinkronisasi OneDrive, Anda mencoba mengunggah file yang terlalu besar.


Setel ulang OneDrive


Jika file Anda tidak disinkronkan, terkadang mematikan dan menghidupkannya kembali dapat memperbaiki masalah.

  * Mulai ulang aplikasi OneDrive Anda dengan mengklik kanan ikon cloud. Klik Tutup OneDrive untuk meresetnya.


  * Jika Anda tidak melihat ikon, Tampilkan ikon tersembunyi menggunakan panah atas . Jika Anda masih tidak melihatnya, kemungkinan OneDrive tidak berjalan.

  * Ketik OneDrive di kotak pencarian dan klik untuk membuka aplikasi dan memulai ulang.


Periksa Jalur File


Saat file tidak dapat disinkronkan atau tidak memungkinkan Anda untuk berkolaborasi, periksa seluruh nama jalur. Pastikan tidak lebih dari 255 karakter dan menyertakan nama file. Terkadang, jika Anda menggunakan folder bersarang, jalurnya bisa terlalu panjang.


Pindahkan file ke folder tingkat yang lebih tinggi atau ganti namanya untuk memperbaiki masalah ini. Untuk mengganti nama file, klik kanan padanya dan pilih Ubah nama.


Karakter khusus dalam nama file mungkin didukung secara online tetapi tidak secara offline atau sebaliknya. Ini dapat menyebabkan file tidak disinkronkan.


Misalnya, OneDrive tidak mengizinkan hal berikut ini:


”* : < > ? / \ |


Jika salah satu file Anda berisi salah satu karakter khusus di atas, hapus file tersebut.


Untuk mempelajari selengkapnya tentang pembatasan nama file, baca artikel dukungan Microsoft: Nama file dan tipe file tidak valid.


Coba sinkronkan ulang file lagi untuk melihat apakah ini penyebab masalahnya.


Hubungkan kembali Akun OneDrive Anda


Saat Anda memiliki masalah dengan tidak ada file yang disinkronkan, itu bisa menjadi masalah dengan koneksi akun OneDrive Anda.


Coba putuskan tautan dan sambungkan kembali akun Anda untuk mengatasi masalah sinkronisasi:

  * Buka aplikasi dengan mengklik ikon cloud.

  * Pilih Lainnya, Pengaturan, lalu Akun.

  * Klik Putuskan Tautan PC ini.


  * Di pop-up, klik Batalkan tautan akun.


  * Untuk menghubungkan kembali akun Anda, masuk dengan alamat email Anda.


  * Masukkan kata sandi akun Anda.

  * Masuk dan kemudian klik Berikutnya.


Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses. Uji ulang untuk melihat apakah file Anda disinkronkan dengan benar.


Periksa Izin Keamanan


Izin keamanan mengontrol akses ke folder dan file. Anda tidak dapat menyinkronkan file jika Anda tidak memiliki akses ke sana.

  * Klik kanan pada aplikasi OneDrive dari Windows Explorer dan pilih Properties.


  * Klik Keamanan, lalu Sistem.

  * Nama Anda harus berada di bawah Administrator dengan akses penuh.


  * Jika Anda melihat Tolak, ubah izin menjadi Izinkan.

  * Klik nama Anda di daftar Pengguna, lalu klik Lanjutan.

  * Pilih Ganti semua izin objek anak.

  * Klik Terapkan untuk memberi Anda kontrol penuh atas folder dan file OneDrive Anda.


Sinkronisasi Selektif


Jika satu atau beberapa file dan folder Anda tidak disinkronkan, mungkin karena Anda menggunakan opsi pengaturan sinkronisasi selektif. Untuk memperbaiki ini:

  * Buka aplikasi.

  * Klik Lainnya, Pengaturan, Akun, lalu Pilih folder.

  * Centang kotak di sebelah Jadikan semua file tersedia.

  * Klik OK untuk menyelesaikan langkah-langkahnya.


Sekarang semua file Anda akan tersedia untuk disinkronkan.


Apakah Anda Menggunakan OneDrive & Windows Versi Terbaru?


Penting untuk selalu memperbarui program Anda ke versi terbaru. Jika pembaruan Anda tidak disetel ke otomatis, Anda dapat melakukannya secara manual.


Untuk memperbarui Windows:

  * Ketik Pembaruan Pengaturan ke dalam bilah pencarian.

  * Klik pada pengaturan Pembaruan Windows.


Jika Anda tidak menggunakan Windows versi terbaru, Anda dapat memperbarui dari layar ini dengan mengikuti petunjuknya.


OneDrive juga diperbarui secara otomatis. Jika Anda ingin memperbaruinya secara manual:

  * Klik ikon cloud di taskbar Anda.

  * Buka Pengaturan, lalu Informasi.

  * Cari nomor versi dan klik di atasnya.

  * Tautan akan terbuka di browser Anda yang akan membawa Anda ke halaman unduh OneDrive.


Anda juga dapat memeriksa situs web OneDrive untuk melihat apakah Anda menjalankan versi terbaru.


Solusi yang diuraikan di atas untuk memperbaiki masalah OneDrive Sync mudah dilakukan. Coba masing-masing untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah Anda.


Sekian artikel tentang 10 Masalah Sinkronisasi OneDrive & Cara Memperbaikinya. Baca juga artikel mengenai 11 Cara Membuka Control Panel Di Windows 10 yang mungkin perlu Sobat ketahui.

Lebih baru Lebih lama